Hobies

Merapikan File Laptop Menggunakan Auslogics Agar Tidak Lemot

By on December 14, 2016

Beberapa minggu terakhir gue lagi marahan dengan laptop yang sudah setia menemani gue selama kurun waktu 3,5 tahun. Gue sudah menjalani suka duka bersama laptop yang gue kasih nama ’emblu’ ini. Gue kasih nama ’emblu’ karena memang warnanya biru (blue), nah kalau awalannya kenapa em…karena waktu gue mikir selalu berucap ’emmmm…emmmm’ berlagak seperti orang yang lagi mikir serius padahal emang otak lagi empet banget waktu itu 😄😆.

OK kembali ke permasalahan nih. Gue mau cerita ke kalian tentang hubungan gue dengan emblu yang minggu-minggu ini kurang harmonis. Kenapa kurang harmonis? Karena si emblu mulai mengeluarkan sifat aslinya yaitu manja alias lemot bro hahaha.

Kalau gue inget-inget lagi emang beberapa bulan terakhir gue lagi banyak-banyaknya download film anime, video youtube dan film-film terbaru. Ditambah lagi download file-file lain seperti file Photoshop, actions dan beberapa ebook. Hasil download ini ga terus nangkring di HDD internal si emblu tapi gue pindahkan ke HDD eksternal supaya HDD si emblu masih tersedia ruang kosong. Yah walaupun ga semua file bisa gue pindahin ke HDD eksternal sih karena HDD eksternal gue juga udah berwarna merah 😢. Tapi seengganya bisa sedikit melegakan ruang penyimpanan emblu.

Akhirnya dari hasil ingatan tersebut gue menyimpulkan kalau si emblu harus diberikan perawatan seperti massage atau dibelikan kosmetik *hee emang cewe!!!* hahahaaa. Yah bukanlah…masa iya gue ngasih perawatan kaya gitu ke laptop. Perawatan yang gue maksud disini adalah melakukan defrag ke HDD si emblu.

Apa sih defrag itu? Secara sederhana nih defrag adalah proses merapikan data untuk mengoptimasi kinerja pada HDD. Ternyata ga hati aja gaes yang harus dirapikan setelah dihancurkan berkeping-keping, harddisk laptop/PC lu juga perlu dirapikan lho *jangan baper* hahahaaa.

OK sekarang udah tau dong apa itu defrag. Nah untuk melakukan hal tersebut butuh sebuah software. Sebenarnya bawaan OS Windows sudah menyertakan software ini, tapi menurut gue kurang maksimal jadi gue menggunakan software bernama Auslogics. Kenapa gue memutuskan pakai software ini? Karena fiturnya yang terbilang lengkap. Nih penampakannya.

cara menggunakan auslogics

cara defrag harddisk menggunakan auslogics

Fitur Auslogics yang lengkap

Jadi dengan menggunakan software ini kalian bisa tahu tuh kesehatan harddisk dari laptop/PC kalian. Ternyata laptop/PC butuh perhatian lebih juga, ga hanya pacar bro wkwkwk… Dan ini hasil diagnosa dari Auslogics untuk si emblu.

tutorial menggunakan auslogics

Hasil analisa dari Auslogics

Dan setelah di repair all jadinya seperti ini. Hmmm…si emblu bugar kembali dan gue bisa baikan deh hahaha.

menghapus file laptop menggunakan auslogics

Menghapus file-file tidak berguna menggunakan Auslogics

Eitss tapi tujuan gue ga hanya untuk membersihkan sampah-sampah berserakan di harddisk emblu, tujuan utama gue kan mau men-defrag dan inilah tools yang disediakan oleh software Auslogics untuk meningkatkan performa HDD laptop/PC kita.

cara menggunakan aplikasi auslogics

Satu software tapi banyak fitur

Nah lho…banyak kan? Jadi bingung mau pilih yang mana hahaha. Inilah alasan gue kenapa menggunakan software Auslogics. Saran gue nih buat kalian yang ga tahu banget seluk beluk komputer cukup menggunakan fitur Disk Defrag saja. Menurut gue fitur itu sudah cukup untuk melakukan optimasi ke HDD laptop/PC kalian. Tapi jika kalian benar-benar tahu seluk beluk komputer silahkan bisa dieksplor fitur-fitur lain yang tersedia pada software ini.

Nah ini proses memanjakan si emblu dengan Auslogics.

download software auslogics

proses defrag menggunakan software auslogics

cara menggunakan software auslogics

Proses defrag menggunakan software Auslogics

Catatan yang harus diperhatikan saat melakukan defrag HDD adalah jangan membuka/menjalankan program apapun agar proses bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan kaya jalan tol hohoho. Proses defrag ini biasanya berjalan dengan dua proses utama. Pertama softaware akan melakukan analisa terlebih dahulu terhadap file-file di harddisk yang ingin di defrag baru setelah itu kalian bisa melakukan defrag.

Lamanya proses defrag tergantung dari kapasitas harddisk kalian dan juga tentunya hardware yang digunakan pada laptop/PC. Semakin besar kapasitas dan semakin penuh harddisk maka proses defrag bisa berjalan sangat lama. Jadi saran gue kalau kalian ingin melakukan proses defrag pastikan memang dalam keadaan lagi bosen kencan sama laptop/PC kalian hahaha. Jadi bisa ditinggal sementara atau silahkan berselingkuh ria dengan pacarnya teman *ehhh maksudnya pacar sendiri (kalau punya) wkwkwk.

Untuk fitur-fitur lain yang ada di software Auslogics ini gue belum meng-eksplornya. Jadi gue belum bisa cerita ke kalian. Nanti kalau gue udah eksplore semua fitur yang ada di software ini gue janji bakal buat artikelnya lagi. Sampai disini dulu cerita gue untuk Merapikan File-File Di Laptop Menggunakan Auslogics Agar Tidak Lemot. Kalau ada yang mendapat kesulitan menggunakan software Auslogics bisa di diskusikan melalui kolom komentar di bawah. Gue tunggu curhatannya gaes.

 

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT