Hobies

Udon no Kuni no Kiniro Kemari, Anime Yang Membawa Pesan Moral

By on January 19, 2017

Salah satu hobi gue adalah nonton. Nonton apa aja termasuk nontonin orang-orang lagi pacaran di café-café ataupun tempat umum *yah begitulah nasib jomblo hahahaaaa… Ngga gitu juga kali 😌😌. Hobi nonton ini salah satunya adalah nonton anime. Tapi gue bukan termasuk orang yang nge-anime banget (bahasa opooo iki) maksudnya ga benar-benar 100% banget jatuh cinta ke anime yah hanya sekedar suka aja, jadi gue bukan otaku.

Beberapa hari ini gue menamatkan anime dengan judul Udon no Kuni no Kiniro Kemari yang jumlahnya 12 episode. Sebenarnya udah lama anime ini di download (sekitar awal bulan Januari 2017) tapi baru sempat di tonton akhir-akhir ini. Maklum gue kan orangnya sibuk. Sibuk nyari jodoh kesana kemari hahahaaa…

Nah kesempatan ini gue pengen berbagi ke kalian mengenai cerita Udon no Kuni no Kiniro Kemari ini. Apalagi yang belum nonton dan memang suka dengan anime, gue sangat menyarankan untuk jangan meninggalkan artikel gue kali ini. Cukup gue yang ditinggalkan dia…hiksss… Pleasee dibaca yah sampai selesai, gue ngetiknya juga penuh perjuangan nih hahahaaa…

Seperti biasa jangan lupa teman bacanya disiapin dulu gaes. Cemilan + secangkir kopi / teh akan lebih nikmat untuk menemani kalian dalam membaca artikel gue. Dijamin!!! Apalagi ada yang spesial di sebelah kalian… Pasti bakal tambah seru lagi heuheuheu… Yok ah disimak serunya cerita Udon no Kuni no Kiniro Kemari.

Sinopsis Singkat

Total episode dari anime Udon no Kuni no Kiniro Kemari adalah 12 episode. Dimana setiap episode anime ini berdurasi 22 menit lebih. Cerita bermula dengan seorang pemuda bernama Tawara Souta yang menghabiskan libur cutinya untuk mengunjungi kampung halamannya di Kagawa. Pulang ke kampung halaman bukan malah membuat Tawara Souta bisa menenangkan pikiran tapi malah membawanya mengingat histori dari tempat-tempat yang ada di sekitarnya.

Salah satunya adalah warung udon Tawara. Dimana warung ini adalah warung udon yang dibuat oleh keluarganya sewaktu Souta masih kecil. Ketika Souta bernostalgia dengan warung ini tiba-tiba saja dia menemukan seorang anak kecil yang tertidur di atas benda yang mirip dengan wajan. Sontak Souta langsung kaget melihat anak kecil tersebut.

sinopsis singkat Udon no Kuni no Kiniro Kemari

Anime Udon no Kuni no Kiniro Kemari yang ceritanya sangat menyentuh

Singkat cerita anak kecil tersebut merupakan Tanuki. Tanuki adalah salah satu hewan mitologi Jepang dengan wujud anjing rakun. Orang-orang di Jepang percaya bahwa Tanuki ini bisa berubah wujud menjadi apapun termasuk menjadi seorang anak kecil.

Tsukioka Yoshitoshi Tanuki  adalah sebutan untuk binatang anjing rakun dalam bahasa Jepang. Sebutan “Tanuki” digunakan untuk dua subspesies anjing rakun (Nyctereutes procyonoides): N. p. viverrinus (anjing rakun biasa) dan N. p. albus (anjing rakun putih asal Hokkaido).
Tanuki digambarkan dalam cerita rakyat Jepang sebagai makhluk yang nakal, kocak, riang gembira, serta pandai menyamar dan berubah bentuk. Cerita rakyat berjudul Periuk Bunbuku dan Gunung Kachi-kachi menampilkan Tanuki sebagai tokoh utama.
Penggambaran Tanuki dengan skrotum yang sangat besar berasal dari penggunaan kulit Tanuki dalam kerajinan emas untuk melebarkan lembaran emas. Bentuk anatomi yang khas tersebut menjadikan Tanuki populer sebagai lagu anak-anak yang secara eksplisit menyebut bagian tubuh sebelah bawah milik Tanuki. source: Akibanation

Souta tidak lantas menelantarkan Tanuki ini. Justru dia merawat dan memberikan nama Tanuki ini dengan nama Poco. Dari merawat Poco, Souta selalu dibawa dengan ingatan-ingatan masa kecilnya. Dimana ketika kedua orangtuanya masih ada. Souta merasa menjadi seorang ayah dengan merawat Poco dan merasakan bagaimana perjuangan ayahnya dulu ketika membesarkan dia.

tokoh utama anime Udon no Kuni no Kiniro Kemari

Dua tokoh utama dalam anime Udon no Kuni no Kiniro Kemari Souta dan Poco

Sebenarnya Souta sendiri memiliki tekanan batin dan rasa penyesalan yang mendalam. Sebelum meninggal ayahnya sangat berharap agar Souta bisa meneruskan warung udon yang sudah dibuat oleh keluarganya. Tapi Souta yang saat itu masih duduk di bangku SMA sangat malu jika meneruskan usaha warung udon milik keluarganya tersebut. Banyak teman-teman kelas yang mengejeknya. Sehingga Souta berpikir setelah lulus SMA nanti dia akan menjadi seorang engineer. Padahal warung udon Tawara ini adalah warung udon yang sangat terkenal di Kagawa.

Akhirnya Souta memilih jalannya sendiri yaitu menjadi seorang desainer web di Tokyo. Menjadi seorang desainer web yang sangat dekat dengan atasan tidak membuat Souta merasa bangga. Justru tekanan batin dan rasa bersalah terhadap ayahnya karena tidak mau untuk meneruskan usaha udon terus menyelimuti pikiran Souta.

cerita moral dalam anime Udon no Kuni no Kiniro Kemari

Salah satu adegan dalam anime Udon no Kuni no Kiniro Kemari

Cerita ini bisa ditemukan pada episode 6. Dalam episode ini Souta kembali ke Tokyo bersama Poco karena masa cutinya telah habis. Souta benar-benar berperang batin dalam episode ini. Dimana dia sangat kebingungan untuk melanjutkan pekerjaan yang sangat dia suka atau resign dan kembali ke kampung halamannya. Di lain sisi dia juga sudah sangat menyayangi Poco dan ingin membesarkannya.

Anime Yang Membawa Pesan Moral

Secara keseluruhan anime Udon no Kuni no Kiniro Kemari menurut gue sangat…sangat membawa pesan moral untuk yang menontonnya. Bahkan ngga jarang gue terbawa suasana ketika nonton anime ini sehingga mencoba mengingat-ingat masa kecil.

Secara keseluruhan emosi yang dimainkan dalam anime ini dimainkan dengan baik. Menurut gue pribadi serial ini tidak memaksa penonton untuk menangis (terbukti karena gue ga nangis nonton anime ini heheheee…) sambil memikirkan apa yang sudah terjadi dalam hidup. Semuanya benar-benar berjalan begitu natural dan lembut. Anime ini benar-benar membawa permasalahan hidup sehari-hari yang mungkin saja kalian hadapi saat ini.

udon no kuni no kiniro kemari wiki

Souta merawat Poco yang merupakan Tanuki

Menurut gue kunci keberhasilan anime Udon no Kuni no Kiniro Kemari adalah dengan banyaknya memasukkan unsure ingatan atau memori masa lalu tokoh utamanya. Ini bisa dilihat di sepanjang episode tokoh utama akan selalu terjebak dengan memori-memori lamanya sehingga memunculkan rasa bersalah maupun tekanan batin.

Gue sangat merekomendasikan anime Udon no Kuni no Kiniro Kemari ini untuk ditonton. Menurut gue alur cerita anime ini tidak berlebihan dan tidak memaksa sehingga bisa membuat penonton tenggelam dalam situasi. Apalagi jika kalian adalah penggemar film slice of life, gue sangat menyarankan untuk menonton anime ini.

poco's udon world characters

Poco menampakkan wujud aslinya

Buat yang penasaran bagaimana akhirnya hubungan Souta dan Poco, apakah Souta akan benar-benar membesarkan Poco atau justru malah terpisah? Kalian bisa langsung men-download-nya disini. (eh ini bukan promosi yah, tapi emang di web tsb gue download anime-nya heheheee…)

udon no kuni no kiniro kemari characters

Karakter Poco yang terlihat imut

Yapsss akhirnya udah sampai di penghujung acara… eh emang acara nikahan hahahaaa… Sepertinya gue harus segera cabut nih karena gue belum mandi takut para pembaca nanti pada kabur huhuhuuu… Ok sebelum gue ke kamar mandi, gue mau ingetin lagi nih. Jangan lupa terus berkunjung ke blog gue yah. Sekedar stalking atau emang benar-benar menjadi pembaca setia heheheeee… Kritik dan saran juga sangat gue terima dengan tangan terbuka lho. Kalau ada pertanyaan monggo dilayangkan melalui kolom komentar atau via e-mail. Ditunggu yah gaes… See you!!!

TAG
RELATED POSTS
2 Comments
  1. Reply

    miraiiii

    June 17, 2017

    suka bgt baca artikel ini!!kadang ngakak ngakak sendiri bacanya,apalagi pas tingkah jomblo akutnya keluar.wkwkwkw sabar yak min,jomblo gk kemana(eh salah,jodoh!)btw,boleh nanya kagak,aku kan suka bgt sama anime romance,jadi kalo nonton anime harus ada yg romancenya,nah di anime ini ada sepercik romance romancenya gk?terus kalo bisa,bikin artikel rekomendasi anime anime romance dongg,soalnya aku lagi kehabisan list anime romance,hehehe

    • Reply

      jeje

      July 13, 2017

      Makasih mba atau mas miraiiii nih yah?? hehehee….
      Kalo Udon no Kuni no Kiniro ini lebih ke anime fiksi gitu sih, jalan cerita bagus dan tentunya bikin sedih. Banyak ngajarin kasih sayang jadi cocok untuk ditonton bersama keluarga.
      Haduh list anime romance?? kalau romance lebih sering ke film nih miminya

LEAVE A COMMENT