Hobies

Jatuh Cinta dengan Foto Hitam Putih

By on April 25, 2017

Hellooo semua… gue balik lagi setelah sekian lama ngga menyapa kalian melalui blog ini heheheee… Dan akhirnya gue bisa kembali ngeblog lagi nih. Kali ini gue akan mengajak kalian semua untuk menyimak cerita dari hobi fotografi gue. Sebagian dari kalian mungkin sudah pada tahu kalau gue mempunyai ketertarikan dalam street photography. Apa itu street photography? Kalian bisa mencari detailnya melalui mbah Google yah gaes hihihiii…

Tapi dalam tulisan kali ini gue ngga akan bercerita banyak mengenai street photography. Gue akan mengajak kalian untuk menikmati foto-foto satu warna (monochrome) atau lebih dikenal dengan hitam putih. Buat sebagian orang mungkin foto hitam putih merupakan foto yang kurang menarik. Tapi buat gue foto hitam putih punya kesan sendiri gaes. Sedikit sulit sih untuk menjelaskannya kenapa foto hitam putih bisa membuat gue jatuh hati. Yang jelas foto hitam putih buat gue mempunyai sebuah nilai tersendiri.

jatuh cinta dengan foto hitam putih

Setelah hujan – Nikon Coolpix S9900

Jujur aja gue mulai jatuh hati dengan foto hitam putih ketika gue mulai menikmati street photography. Foto-foto yang gue ambil di jalanan menggunakan kamera iPhone 5S atau Nikon Coolpix S9900 terasa lebih hidup ketika gue memberikan efek hitam putih. Kesannya foto tersebut lebih bermakna (menurut gue). Yah walaupun sekarang zaman udah canggih yah, yang namanya kamera kan sudah menghasilkan foto berwarna tapi jujur gue benar-benar menikmati foto-foto hitam putih.

foto hitam putih dan analogi

Menunggu di stasiun – Nikon Coolpix S9900

Memang sih foto hitam putih terkesan jadul (bagi beberapa orang). Tapi kesan yang dihadirkan melalui foto hitam putih menurut gue sangat berbeda dengan foto berwarna. Apalagi gue adalah orang yang suka dengan street photography sehingga foto hitam putih terasa sangat pas menghiasi foto-foto gue.

Mengambil foto hitam putih sedikit berbeda dengan mengambil foto berwarna. Dalam pengambilan foto hitam putih kita diharuskan jeli untuk melihat kontras yang berlawanan antara satu dengan yang lainnya oleh pencahayaan. Iyapss dalam foto hitam putih yang utama adalah jeli dalam melihat kontras dari pencahayaan. Oleh karena itu banyak fotografer-fotografer hitam putih yang senang saat mengambil foto hitam putih dalam keadaan cuaca mendung.

seni dalam foto hitam putih

Dalam kereta – Nikon Coolpix S9900

Selain itu karena foto hitam putih hanya menampilkan satu warna hal terpenting dan menjadi kunci sukses dari foto hitam putih adalah komposisi. Jika kontras yang didapatkan maksimal namun komposisi kurang tepat tentu foto hitam putih yang dihasilkan pun tidak dapat dinikmati secara maksimal oleh viewers. Gue pribadi masih harus banyak belajar komposisi dalam mengabadikan foto-foto hitam putih. Komposisi ini memang bukan sebuah pelajaran yang pasti dalam seni fotografi. Kita harus peka dan jeli melihat keadaan sekitar untuk mendapatkan komposisi yang pas sehingga foto yang dihasilkan mempunyai cita rasa tersendiri. Itulah sebabnya kita harus terus menerus mengasah skill fotografi kita agar bisa cepat peka dengan yang namanya komposisi.

foto hitam putih dan makna

Mari mengaji – Nikon Coolpix S9900

Gue pribadi biasanya akan mengambil gambar menggunakan format foto berwarna setelah itu foto gue ubah menjadi hitam putih menggunakan software seperti Lightroom atau Photoshop. Tapi lebih sering menggunakan Lightroom karena menurut gue lebih simple aja sih. Kalau kalian tanya mengapa gue harus mengambil foto berwarna terlebih dahulu baru diubah menjadi hitam putih karena hal tersebut lebih mudah jika dibandingkan langsung menggunakan format hitam putih melalui kamera. Biasanya jika mengguankan format hitam putih langsung di kamera gue akan mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Kurang maksimalnya tuh kadang-kadang ketika kondisi pencahayaannya sudah bagus dengan kontras yang ciamikk ehhh pas di jepret hasilnya jauh diluar dugaan hahahaaa… atau emang kamera gue yang rada-rada yah wkwk…

teknik foto hitam putih

Menunggu

Gue sendiri masih banyak kekurangan dalam membuat foto hitam putih dan akan sangat senang jika teman-teman yang membaca tulisan gue kali ini mau mengajarkan gue mengenai detail foto hitam putih (jika kalian juga pecinta foto hitam putih). Gue masih harus banyak belajar terutama dalam hal komposisi foto untuk bisa menghasilkan foto yang mempunyai cita rasa.

Nah sampai disini dulu tulisan gue kali ini. Kalau ada salah-salah kata mohon maaf yah. Oh iya maaf jika gue sering mangkrak untuk update blog karena gue udah lumayan sibuk di dunia nyata. Gue tetap pantengin blog gue ini kok. Insya Allah kalau ada waktu luang gue akan update blog ini, jadi ditunggu aja update-update berikutnya yah gaess… See you!!!

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT