Hobies

Aplikasi Untuk Membuat Foto Hitam Putih

By on May 22, 2017

Gue pernah menemukan beberapa bacaan yang isinya tuh pertanyaan mengenai foto hitam putih. Banyak banget yang bertanya hal yang sama. Pertanyaan tersebut berbunyi seperti ini.

“Lebih baik mengambil foto hitam putih secara langsung (software bawaan kamera) atau foto berwarna terlebih dahulu kemudian masuk tahap editing?”

Yappss pertanyaan tersebut sering banget gue jumpai di blog-blog ataupun forum bahkan di YouTube gue juga pernah membaca komentar yang usernya menanyakan hal yang sama.

Nah dalam tulisan gue kali ini. Izinkan gue yang masih pemula dalam foto hitam putih berbagi pendapat dan pengalaman gue dalam mengabadikan momen menggunakan kamera Nikon Coolpix S9900 yang paling gue sayang melebihi sayang gue ke pacar (laaahhh gue kan belum punya pacar wkwkwk…)

Kamera prosumer gue tersebut sudah dibekali scene mode untuk langsung mengambil gambar secara hitam putih. Pengalaman gue menggunakan kamera Nikon Coolpix S9900 jika menggunakan mode scene BW hasilnya akan maksimal ketika cahaya yang ada pas. Pas disini ngga lebih dan ngga kurang heheheee…ah sulit jelasinnya deh wkwkwk. Namun ketika cahaya lagi over-overnya seperti mengambil gambar sewaktu terik matahari, mode scene BW di kamera Coolpix S9900 belum terlalu ‘pintar’ untuk menghasilkan gambar yang gue inginkan. Kadang-kadang di pencahayaan yang cukup baik pun perbedaan ruang gelap dan terangnya terasa ketika dilihat hasil akhirnya. Yah bisa dibilang sedikit kecewa sih gue.

Nah dari kejadian tersebut akhirnya gue berpikir untuk mengambil gambar berwarna terlebih dahulu. Kemudian gue bakal ngelanjutin proses editing di Laptop atau smartphone. Jadilah gue setiap mau membuat gambar hitam putih, gue akan mengambil gambar berwarna terlebih dahulu kemudian lanjut dengan mengeditnya, hal ini gue lakukan sampai sekarang. Sampai saat tulisan ini gue publish ke kalian heuheuheu…

Alasan kenapa akhirnya gue memutuskan untuk mengambil gambar berwarna terlebih dahulu adalah karena alasan yang gue jelaskan tadi gaes. Fitur scene mode BW Nikon Coolpix S9900 ini belum bisa diandalkan banget. Yah software kameranya bisa gue bilang kurang terlalu apik. Alasan lainnya adalah kalau sewaktu-waktu ada lomba yang mengharuskan untuk menggunakan foto / gambar berwarna gue ngga perlu repot-repot lagi untuk hunting karena udah punya stok terlebih dulu hahahahaaa…

Nah kesempatan ini gue mau sharing ke kalian aplikasi yang sering gue gunakan untuk mengedit foto berwarna gue menjadi foto hitam putih. Ini dia aplikasinya.

1. Lightroom

software mengedit foto menjadi hitam putih

Software Lightroom untuk PC/Laptop

Aplikasi andalan gue untuk membuat foto hitam di PC/Laptop adalah Lightroom. Gue sering banget menggunakan aplikasi ini kalau memang lagi punya banyak waktu luang di depan PC/Laptop. Gue sendiri memilih Lightroom karena aplikasi ini mempunyai menu-menu yang mudah jika dibandingkan dengan Photoshop. Bisa dibilang lebih sederhana. Jadi buat kalian yang hanya sekedar ingin mengoreksi kontras, exposure, white balance dsb pada foto gue sangat menyarankan untuk menggunakan Lightroom.

2. Photoshop

daftar software untuk membuat foto menjadi lebih bagus

Photoshop sebagai aplikasi alternatif yang gue pakai untuk memoles foto

Gue sangat jarang menggunakan Photoshop untuk editing sederhana pada foto, apalagi hanya membuat foto menjadi hitam putih. Tapi aplikasi ini sering gue gunakan untuk menambahkan watermark ataupun sedikit membuat foto gue lebih enak dipandang lagi (baca: editing sewajarnya). Enaknya Photoshop adalah adanya layer-layer yang dihadirkan sehingga kita bisa bebas untuk menempatkan layer-layer tersebut di posisi mana saja.

3. Snapseed

daftar aplikasi untuk edit foto

Snapseed menjadi aplikasi populer gue untuk mengedit foto secara mobile

Kalau ini merupakan aplikasi andalan gue di smartphone. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang sudah sangat mendukung proses editing di smartphone. Snapseed juga menyediakan filter-filter tambahan untuk digunakan pada foto yang sedang diedit. Apalagi Snapseed bukan aplikasi yang berbayar sehingga fitur-fiturnya bisa dinikmati semua tanpa harus mengeluarkan receh sepeser pun.

4. VSCO

daftar aplikasi untuk edit foto menjadi hitam putih

Aplikasi edit foto mobile populer kedua yang sering gue pakai

Aplikasi VSCO ini benar-benar sangat populer. Populernya dikarenakan banyaknya filter-filter ciamik yang disediakan oleh aplikasi ini. Namun, filter-fiter tersebut sebagian ada yang berbayar sehingga kita harus rela mengeluarkan receh untuk bisa menikmati filter tersebut. Aplikasi VSCO ini memang lebih sering gue gunakan untuk mendapatkan filter hitam putih yang gue inginkan. Tapi kalaupun ngga ada filter yang cocok gue pasti bakal balik ke Snapseed untuk melakukan editing manual.

Nah itu dia keempat aplikasi yang sering banget gue pakai untuk membuat foto berwarna gue menjadi hitam putih. Apakah aplikasi yang gue sebutkan diatas ada juga yang menjadi andalan kalian? Yuk komen dibawah pengalaman kalian aplikasi apa saja untuk membuat foto hitam putih.

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT