Hobies

Kamera Untuk Street Photography? Seperti Apa Sih?

By on May 11, 2017

Jika kalian membuka YouTube dan mengetikkan pencarian “best camera for street photography” maka kebanyakan hasilnya akan merujuk ke Fujifilm X70, Fujifilm X100 series, Ricoh GR series. Kamera-kamera tersebut merupakan jenis kamera prosumer, namun kelasnya masuk ke dalam kelas kamera prosumer yang premium. Yah terbayang dong harganya kalau sebuah kamera prosumer sudah masuk di kelas premium. Kebanyakan harganya dibanderol diatas 7 jutaan. Waaawww…. Hanya sebuah kamera prosumer bisa dibanderol harga segitu? Wajar saja dibanderol harga mahal karena disini kalian juga tidak hanya membeli kameranya tapi juga membeli teknologi dari kamera tersebut.

Nah yang jadi pertanyaan sekarang ini adalah apakah kita harus mempunyai kamera-kamera tersebut untuk bisa menekuni dunia street photography?

Buat orang yang memang mempunyai dana lebih dan sudah jatuh cinta banget ke dunia street photography, mungkin memiliki salah satu kamera yang gue sebutkan diatas bisa dengan mudah untuk didapatkan. Lalu bagaimana dengan kita-kita yang kantonya cekak? Ngga usah khawatir…ngga usah risau…apalagi sampai galau lalu gantung diri kemudian live di sosial media hahahaaa… Kita-kita yang ngga punya budget ekstra ngga perlu minder sama sekali untuk tetap berkarya dalam street photography. Yang perlu diubah hanyalah mindset kita.

Kok mindset Je?

Iya…karena selama ini kita selalu berpikiran kalau kamera mahal pasti hasilnya juga akan bagus. Beeeuuuhhh kalau kalian masih memikirkan hal tersebut buruan tobat yaaa heheheee… Gambar yang bagus itu bukan dilihat dari mahal atau ngganya sebuah kamera. Kamera hanyalah sebuah ‘alat’ yang digunakan untuk mengambil gambar. Untuk menghasilkan gambar yang bagus tentu banyak faktor-faktor yang harus diperhatikan. Faktor-faktor tersebut seperti pencahayaan, komposisi, timing, dsb. Semakin kita sering berlatih maka mata kita pun akan jeli untuk bisa mendapatkan gambar-gambar yang tentunya menarik untuk kita lihat sendiri dan orang lain.

kamera mahal untuk street photography

Jalan ABC, Bandung. Diambil menggunakan Nikon Coolpix S9900

Bahkan om Arbain Rambey pun pernah ngomong kalau kamera smartphone sekarang hasilnya pun sudah mendekati seperti kamera-kamera digital. Jadi artinya kamera smartphone yang ada sekarang pun sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk hunting foto di jalanan. Cuma kadang kita aja yang sering minder. Ketemu photographer di jalan menggunakan DSLR dan lensa mahal nyali langsung menciut hihihiii…

street photography harus menggunakan kamera mahal

Jalan Asia Afrika, Bandung

Gue sendiri saat tulisan ini gue buat menggunakan kamera prosumer Nikon Coolpix S9900. Untuk masalah harga tentu sangat-sangat jauh dari kamera yang gue sebutkan di awal. Harganya di bawah 5 juta. Yah karena memang hanya mempunyai kamera ini untuk diajak hunting di jalanan yah sudah gue harus memaksimalkan kamera Coolpix S9900 gue dong. Memang kamera gue ini punya satu kelemahan yang menurut gue parah banget, yaitu autofokusnya yang berjalan lambat sehingga kadang beberapa momen bakal kehilangan gitu aja atau malah hasilnya blur. Tapi, gue juga ngga bisa salahin kamera dong. Gue yang harusnya paham untuk menggunakan kamera ini biar kamera ini bisa secara maksimal gue gunakan.

foto jalanan menggunakan peralatan seadanya

Perempatan jalan Braga

Emang sih aliran street photography kita harus mempunyai kamera dengan autofocus yang cepat dan baik. Hal ini dikarenakan kita mengambil foto dijalanan secara cepat karena momen-momen tertentu yang kejadiannya juga berlangsung cepat. Ketika kita menggunakan kamera dengan teknologi autofocus yang berjalan dengan baik dan cepat maka momen-momen yang diharapkan pun bisa kita abadikan.

berkarya melalui seni street photography

My Self

Tapi jika kenyataanya kita tidak mampu untuk membeli kamera dengan fitur-fitur yang wah tersebut apakah kita akan terus memaksakan diri kita untuk punya? Yang ada kita malah hanya terus memikirkan kamera-kamera dengan harga yang mungkin akan membuat kantong kita menjerit dan malah kita tidak berkarya sama sekali. Jadi intinya kita harus memanfaatkan apa yang kita punya. Walaupun itu hanya sebuah kamera smartphone yah manfaatkan secara maksimal. Latih mata kita untuk terus melihat momen-momen yang bagus saat berada dijalan. Ketika mata sudah terlatih untuk mendapatkan momen-momen terbaik di jalan, gue rasa mau menggunakan jenis kamera apapun kita akan terbiasa.

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT