Hobies

Kapan Sih Harus Upgrade Kamera?

By on August 9, 2017

Hai semuanyaaaaa!!!! Bagaimana kabar kalian? Semoga baik-baik aja ya gaes. Yooo gue balik lagi nih untuk update postingan terbaru. Kali ini gue mau berbagi pengalaman pribadi gue dan juga pengalaman teman gue saat ingin mengupgrade kamera. Yapsss bahasan kali ini masih berkutat seputar photography. Sooo buat kalian yang hobi photography ini tulisan wajib banget loh untuk kalian simak. Yuk langsung aja ke intinya biar ga basi hihihiii…

Saat ini kamera sepertinya sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi beberapa individu. Tidak sedikit orang saat ini hobi photography karena ditunjangnya harga kamera yang sudah sangat terjangkau. Kalaupun tidak bisa membeli kamera baru kita pun bisa membeli kamera bekas sekedar untuk menyalurkan hobi photography ataupun ingin belajar photography. Tulisan ini gue buat karena ingin berbagi ke kalian, terutama kalian yang punya kamera DSLR ataupun mirrorless yang ingin mengupgrade kameranya ke seri yang lebih tinggi lagi. Berikut ini 4 alasan mengapa kalian harus mengupgrade kamera kalian ke seri yang lebih tinggi lagi.

1. Membutuhkan fitur yang lebih canggih

Anggaplah kalian seorang yang baru di dunia photography dan saat ini kalian mempunyai kamera Nikon D3000 series atau Canon 1000D series dimana seri-seri tersebut adalah kamera yang diperuntukan untuk para entry level. Ketika kalian sudah paham mengoperasikan kamera dan sudah tahu aliran apa yang kalian suka di dunia photography mau tidak mau pasti ada keinginan untuk melakukan upgrade kamera karena menyesuaikan dengan kebutuhan. Bener ga nih?

kapan harus melakukan upgrade kamera

Titik fokus yang lebih banyak lebih memudahkan kita dalam mengambil subjek yang bergerak

Ngga usah jauh-jauh contohnya gue gaes. Gue pengguna Nikon D3100 selama lima tahun lebih dan selama itu juga gue masih bingung aliran photography apa yang sesuai dengan passion gue, akhirnya gue memutuskan untuk lebih memperdalam aliran street photography. Menggunakan Nikon D3100 saat melakukan street ternyata cukup kualahan. Terutama ketika gue mengambil subjek yang bergerak misal orang yang sedang berjalan. Kenapa? Nikon D3100 hanya mempunyai 11 titik fokus yang tentu menyulitkan gue untuk bisa cepat mengambil fokus subjek bergerak.

Nah dari sinilah gue berpikiran untuk mengupdrage kamera gue ke seri yang lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan. Jauh sebelum kamera Nikon D3100 gue rusak memang gue udah punya rencana untuk upgrade kamera ya gaes. Jadi kesimpulannya kalian bisa mengupgrade kamera ketika kalian memang merasa kamera yang kalian punya saat ini memiliki sedikit fitur untuk memenuhi kebutuhan aliran photography yang kalian tekuni.

2. Membutuhkan hasil foto yang lebih baik

Alasan kedua ini akan terasa jika kalian memang sudah lama di dunia photography, apalagi untuk kalian yang sudah bisa menghasilkan penghasilan di bidang ini. Misalnya saja kamera yang kalian punya saat ini hanya mampu untuk menghasilkan photo dengan ukuran 8R namun kalian sudah merasa ukuran 8R ini terasa kurang untuk memenuhi kebutuhan maka mulailah berpikir untuk melakukan upgrade kamera kalian ke seri yang lebih tinggi lagi.

3. Sudah tahu seluk beluk kamera

Alasan ketiga ini lebih diperuntukkan untuk kalian yang mempunyai kamera entry level seperti Nikon D3000 series atau Canon 1000D series. Kamera ini memang banyak diincar oleh para penghoby photography yang ingin belajar photography. Kamera dengan series tersebut memang sangat mudah untuk digunakan oleh pemula. Jika kalian sudah paham dan mengerti dasar-dasar photography menggunakan kamera entry level berarti kalian harus sudah memikirkan untuk mengupdgrade kelas kamera kalian ke level yang lebih pro lagi.

4. Memang sudah saatnya ganti

Alasan keempat ini memang sudah ngga bisa diganggu gugat gaes. Yapsss memang kalian harus mengganti kamera kalian dikarenakan kamera yang kalian punya sudah rusak ataupun sudah tidak bisa digunakan lagi. Jika kamera kalian sudah rusak dan tidak bisa lagi diperbaiki jalan satu-satunya memang membeli kamera baru untuk bisa kembali memuaskan hasrat photography.

waktu yang tepat untuk upgrade kamera

Saatnya untuk upgrade kamera

Demikian empat alasan untuk mengganti gear kamera kalian ke series yang lebih tinggi. Tapi perlu diingat semuanya tentu tergantung akan kebutuhan kalian. Jika kalian hanya penghoby photography saja alias tidak mengkomersilkan karya-karya kalian, pilihlah kamera yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Sayang juga kan kalau membeli kamera puluhan juta tapi hanya digunakan untuk “sekedar” hoby motret dan ngga menghasilkan duit dari hobi tersebut. Tapi kalau uang kalian unlimited sih ga masalah yaaaa…hahahaaaa…

Sampai disini dulu gaes cuap-cuap kapan harus mengupgrade kamera versi gue. Ketemu lagi di lain kesempatan yah gaes. Jangan lupa untuk terus mampir ke blog sederhana gue. See you gaes!!!

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT