Hobies

Mengenal Mode P,S,A,M Pada Kamera

By on September 19, 2017

Heloooo gaes im back setelah lama hibernasi dari dunia ngeblog 😜. Kesempatan ini gue akan mengajak kalian untuk berkenalan dengan mode-mode yang pasti selalu ada di kamera (DSLR, Mirorrless, Premium Pocket). Buat kalian yang dikameranya mempunyai mode-mode tersebut dan saat ini masih sering menggunakan mode Auto ataupun kalian yang masih ragu-ragu untuk mencoba menggunakan mode P, S, A, M pada kameranya yuk disimak baik-baik postingan gue kali ini. Dijamin ga akan rugi dan malah akan membuat kalian ingin mencoba 😄. Ga usah banyak basa-basi lagi mari disimak detailnya gaes.

Mode P, S, A, M di Kamera

Pada kamera (DSLR, Mirrorless, atau Premium Pocket) tersedia banyak mode pengambilan gambar tergantung dari brand kamera tersebut. Namun ada 4 mode yang pasti di setiap kamera pada semua brand yang akan sama. Mode tersebut adalah P (Program Auto), S (Shutter Speed/Shutter Priority), A (Aperture Priority), dan M (Manual). Keempat program ini memberikan kita akses penuh untuk mengatur beberapa settingan segitiga eksposure (akan dibahas pada postingan mendatang). Keempat mode ini memiliki perbedaan berupa pengaturan yang dapat kita setting. Dalam penjelasan ini gue menggunakan kamera Nikon, maklum gue Nikon User jadi untuk pengguna kamera lain bisa menyesuaikan yah karena intinya sama kok.

Mode P (Program Auto)

belajar fotografi mengenal mode kamera

Mode P pada kamera Nikon

Gue bilang mode ini adalah mode semi automatis, yah mirip-mirip seperti mode Auto sih tapi lebih diatasnya mode Auto (nah loh maksud ngga nih kalian). Gue bilang lebih diatas mode Auto karena di mode P ini kalian bisa mengatur beberapa settingan yang diperlukan. Pada kamera Nikon (dalam hal ini gue memakai Nikon D7100) settingan yang bisa diotak-atik pada mode P adalah ISO sehingga nilai Apperture dan Shutter Speed akan menyesuaikan dengan nilai ISO yang kita gunakan. Perbedaan lainnya dengan mode Auto, pada mode P ini kita diizinkan untuk mengatur flash. Maksudnya dalam keadaan yang kurang cahaya jika kita menggunakan mode Auto maka flash akan otomatis terbuka berbeda dengan mode P, kita bisa mengaturnya apakah ingin menggunakan flash atau tidak. Mode P ini sangat gue sarankan untuk para pemula yang baru banget ingin belajar kamera dan settingan segitiga eksposure.

Mode S (Shutter Speed Priority)

mengenal mode shutter speed di kamera

Mode shutter speed pada kamera Nikon

Mode S adalah mode yang mengizinkan kita untuk mengatur nilai kecepatan rana (shutter speed) dan juga mengatur nilai ISO sedangkan Aperture (bukaan diafragma) akan otomatis mengikuti nilai shutter speed dan ISO. Mode ini sangat cocok digunakan untuk mengambil gambar jika subjek mempunyai kecepatan. Misalnya pemotretan olahraga. Mode ini akan gue bahas lebih detail di postingan-postingan berikutnya.

Mode A (Aperture Priority)

mengenal mode aperture pada kamera Nikon

Mode Aperture pada kamera Nikon

Berkebalikan dengan mode S, pada mode A (Aperture Priority) settingan yang bisa kita atur adalah nilai Aperture (bukaan diafragma) dan nilai ISO. Mode ini bisa digunakan untuk subjek yang diam seperti pemotretan model.

Mode M (Manual)

mengenal mode manual pada kamera

Mode Manual pada kamera Nikon

Seperti namanya manual, mode ini mengizinkan kita untuk mengatur 3 komponen segitiga expsosure (shutter speed, aperture, dan ISO) secara penuh. Jadi kita benar-benar memegang kendali terhadap 3 komponen segititga exposure tersebut. Pada kamera Nikon jika kita menggunakan mode manual akan tampil light meter yang berfungsi sebagai indikator apakah cahaya yang masuk melalui settingan 3 komponen segitiga exposure tsb akan menghasilkan gambar under exposure, normal, atau over exposure. Jika kalian ingin menggunakan mode manual gue sangat menyarankan untuk memahami terlebih dahulu segitiga exposure pada dasar penggunaan kamera. Nanti gue akan bahas di postingan berikutnya gaes.

Nah segitu dulu update untuk postingan kali ini. Gue harap postingan ini bisa membuat kalian untuk beralih menggunakan salah satu dari keempat mode P, S, A, M atau bisa langsung mengexplorenya. Jangan takut mencoba untuk menghasilkan karya-karya keren. Salam jepret. Sampai ketemu lagi di postingan belajar kamera dari gue gaes. See you!!!

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT