Random

KOK Nge-Blog? Kenapa Ga Nge-Vlog?

By on November 22, 2016

Yosshhh… halo semuanya… gue balik lagi nih buat seru-seruan bareng kalian semua. Kali ini gue mau curhat ke kalian semua. Tapi ngga 100% curhat juga sih karena gue juga mau kasih pendapat juga opini gue. Jadi gini gaes… Beberapa teman-teman gue banyak yang bertanya seperti ini:

“Kok lu ga bikin vlog aja sih Je? Malah bikin blog?”

Yapss beberapa teman-teman gue banyak yang nanyain kenapa gue ga bikin vlog aja sih. Kok malah bikin blog yang mungkin sebagian di pikiran teman-teman gue kalau blog merupakan media dalam bentuk tulisan dan menulis adalah suatu hal yang mungkin sedikit “menyulitkan” dibandingkan harus ngoceh panjang lebar di depan layar kamera huhuhuu. Apalagi sekarang sudah banyak platform untuk menampung karya-karya video. Ok gue mulai curhatnya dari sini yah. Kalian jangan langsung pergi pleaseee… dengerin curhat gue sampai selesai okeehhh gaes *maksa  😎😎*.

Sebenarnya sampai gue buat postingan ini udah ada niat banget untuk bikin vlog atau konten-konten lain seperti video tutorial atau video review game dan aplikasi. Iya niat gue udah ada mungkin kalau dihitung udah terkumpul sampai 100% lebih heuheu. Cuma gini gaes. Sebelumnya gue pernah coba bikin vlog sama teman gue panggil aja dia “Ableh”. Waktu itu di café dan gue mencoba buat vlog mengenai café dan makanan yang gue pesan di café tersebut. Setelah selesai ngafe gue balik dong. Nah pas gue balik gue langsung cek deh vlog yang gue buat pakai iPhone 5S gue. Dan inilah alasan gue kenapa gue belum siap bikin vlog, bukan ga mau bikin vlog yah gaes tapi belum siap.

1. Ga fokus ke kamera

Setelah gue cek vlog yang gue buat pakai iPhone 5S di layar laptop yang layarnya lebih gueeddee biar gue juga puas nontonnya hahaha… Gue perhatiin kalau gue selalu ga fokus ke kamera gaes. Jadi setiap gue ambil gambar diri sendiri, gue cuma ngelihat ke kamera beberapa detik doang. Mata gue lihat kesana kesini kaya orang bingung gitu. Emang sih gue ngerasain banget masih belum pede untuk langsung merekam aktivitas gue melalui video.

kenapa ngeblog ga ngevlog

Gugup bikin vlog

2. Ngomong masih berantakan

Hal kedua yang gue temukan dari hasil vlog tersebut adalah gue kalau ngomong di video masih berantakan. Jadi masih kaya banyak mikir gitu selalu ada kata “aaaaa…” beberapa detik kalau mau ngucapin sesuatu. Padahal gue ga lagi mikirin apa-apa kecuali mikirin uang kos yang telat dibayar hahaha. Padahal sebelumnya gue udah mikir mateng-mateng apa yang pengen di ucapin di otak gue. Semacam kaya buat script yang ga nampak gitu. Tapi pas berhadapan dengan kamera script yang ada di otak gue langsung nge-blank bro. Jadi bingung mau ngomong apa haufftt…

kenapa ngeblog ga ngevlog

Latihan ngomong sendiri depan cermin

Jadi vlog pertama tersebut gue anggap gagal total karena dua faktor yang gue sebutin diatas. Haufffttt sia-sia bro udah menuh-menuhin memori di ipin plus ngeluarin duit lebih buat nongkrong di café wkwkwk. Setelah vlog pertama gue gagal, gue disaranin nih sama Ableh untuk latihan di depan cermin atau langsung di depan kamera tanpa direkam dulu. Kali aja lama-kelamaan bisa terbiasa dan hilang tuh penyakit gugup atau canggung gue. Ok…gue dengerin saran Ableh. Di kosan kalau ga ada kegiatan gue ngomong-ngomong ga jelas di depan cermin atau kamera gaes. Udah mirip kaya orang depresi. Mungkin kalau kamar kos gue terbuka orang-orang pada anggap gue gila dan siap dijebloskan ke RSJ 😂😅.

Setelah latihan mengoceh sendiri di kamar kos selama beberapa hari beberapa malam sampai lupa makan *emang lagi kangker aja ini hahaha* gue akhirnya mencoba untuk membuat vlog lagi. Kali ini gue mencoba untuk membuat vlog di kosan Ableh. Vlog kedua gue ini waktu itu Samyang Challenge. Dan… apa yang gue dapat dari percobaan vlog kedua ini? Tetap sama gaes hasilnya seperti percobaan vlog pertama gue. Gue masih ga bisa fokus ke kamera dan omongan gue di video juga masih sangat amat berantakan. Jadi selama ini gue berlatih belum membuahkan hasil hiksss… Sepertinya gue butuh guru biar gue tampil pede di depan kamera gaes. Kalau ada yang mau jadi guru gue bisa komen yah, gue terimanya guru berjenis kelamin wanita aja wkwkwk 😁😁

kenapa ngeblog ga ngevlog

Akhirnya ngeblog

Nah karena udah dua kali gue coba bikin vlog tapi nyatanya gue masih canggung di depan kamera akhirnya gue memutuskan untuk ngeblog. Kalau di blog jelas gue ga canggung karena bentuk ekspresinya berbentuk tulisan dan juga bisa lebih panjang buat keluarin apa yang ada di otak hehehe. Akhirnya sekarang gue punya dua blog. Jejeblog adalah blog gue yang berisi konten-konten seputar tips trik dan review game juga aplikasi untuk iOS dan Android sedangkan blog yang kalian pantengin sekarang ini isinya lebih sebagai pengganti vlog gue yang ga jadi-jadi hahaha.

Sekarang kalau ada yang tanya gini:

“Je kan sekarang lebih populer vlog daripada blog?”

Iyapss betul banget tuh. Tapi menurut gue baik vlog ataupun blog tetap punya peminatnya masing-masing. Yah contohnya gue deh. Mungkin gue ga terlalu pintar untuk ngomong di depan kamera secara langsung tapi gue tetap bisa berekspresi melalui tulisan. Beda halnya seperti Youtuber semisal Edho Zell. Mungkin dia bisa berekspresi melalui video karena memang dia ga canggung untuk berhadapan dengan kamera. Intinya sih tetap berkarya aja selama karya itu positif yah di jalani, bener ga? Vlog dan blog menurut gue hanya medianya saja yang berbeda. Tinggal bagaimana kita yang akan mengolah konten-konten di dalamnya. Nah buat kalian nih yang lagi baca postingan ini mungkin di diri kalian ingin membuat vlog atau blog tapi masih malu-malu yuk dicobain aja. Mungkin aja nih kalian bisa menemukan bakat lain seperti membuat video atau menulis… Yuk ah capcuss gaes… ga pake lama.

OK…sekian dulu sesi curhat gue ke kalian tentang kenapa gue lebih pilih nge-blog dibanding nge-vlog. Mungkin di postingan berikut gue bakal nge­-share manfaat menulis di blog. So…tetap setia di blog gue ini yah gaes. bye..bye!!!

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT