Random

Akun Sosmed Di Hack? Apa Yang Harus Dilakukan?

By on December 6, 2016

Beberapa hari lalu gue nangkring di Youtube berharap ada yang datang terus bisa dipalak. Nah karena sepi akhirnya gue jalan-jalan ke beberapa channel untuk melihat-lihat apakah ada video-video baru yang seru untuk gue tonton. Akhirnya gue tersesat di channel Cici Fanny *sayang ga tersesat di hatinya Ci Fanny 😬😂* dan melihat ada video baru berjudul ‘Tips Mengembalikan Instagram Yang Di Hack’. Sesuai dengan judul di dalam video tersebut Ci Fanny menceritakan tentang pengalamannya terkena ulah iseng segelintir orang yang mengambil alih akun Instagramnya bahasa simple-nya nge-hack heuheu. Kalian bisa nonton videonya disini *awas jangan sampai jatuh hati ke Ci Fanny yah hahaha*

Nah dari video ini jadi teringat kalau akun gue dulu pernah di hack juga. Kalau Ci Fanny yang di hack adalah akun Instagram sedangkan akun gue yang di hack adalah Facebook. Udah dulu banget sih sekitar tahun 2010-an waktu gue masih imut-imutnya kuliah D3 walaupun sekarang gue juga masih imut-imut gitu hahaha. Sumpah gue panik banget waktu itu karena memang masih gaptek banget soal hal-hal begituan bisa dibilang masih polos hahaha.

Kemudian atas saran teman-teman, gue akhirnya mengirimkan surat cinta ke pihak Facebook dan menceritakan kasus yang menimpa gue. Gue yakin admin yang baca surat cinta gue terharu sangat. Ini terbukti karena akun Facebook gue akhirnya bisa kembali lagi heuheu.

Ini hanya sekedar tulisan yang mencoba untuk memberitahukan ke kalian semua untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan sosial media. Terutama memperhatikan keamanan akun sosial media kalian. Apalagi jika kalian adalah seorang enterprenuer yang memang 100% memanfaatkan sosial media sebagai media untuk menjual barang-barang ke konsumen. Nah gue mau kasih tahu ke kalian semua tips bagaimana menghindari akun sosial media agar tidak jatuh ke tangan orang lain.

Tips 1 – Waspada terhadap Fake E-Mail / Fake Website. Kalian pasti bertanya kenapa kok bisa seorang hacker mengetahui akun dan password kita? Apakah segitu mudahnya untuk mengambil alih akun orang lain? Hmm…menurut gue sih susah-susah gampang bro. Tapi dari cerita sana-sini dan dari video Ci Fanny kita bisa menyimpulkan bahwa hacker bisa mengetahui akun kita dengan menggunakan fake email. Yaps email palsu yang mengatasnamakan sebuah akun sosial media. Template email yang digunakan juga sangat professional banget ga seperti email-email biasa layaknya mahasiswa kirim email ke dosen pembimbing hahaha.

tips aman terhindar dari hacker

Berhati-hati dengan email palsu mengatasnamakan sosial media tertentu

Di dalam email tersebut biasanya kita diminta untuk memasukkan akun dan password dengan alasan untuk melakukan konfirmasi ulang. Buat orang yang ga paham hal ini bisa langsung terkecoh dan pasti akan langsung melakukan konfirmasi dengan memasukkan akun dan password. Dan… lihat hasilnya maka akun dan password sosial media kalian langsung berpindah tangan. Cara kerjanya sangat mudah sekali, hanya membuat email palsu yang mirip dengan email asli untuk mengelabuhi target. Buat yang ingin tahu lebih lanjut silahkan searching mengenai Fake E-mail / Fake Website dalam melakukan Hack di Google.

Tips 2 – Gunakan kombinasi password. Gue yakin disini kalian udah sering banget baca tips gimana cara biar akun sosial media tidak mudah untuk di hack. Salah satunya adalah mengkombinasikan sebuah password yang digunakan. Yaps itu benar banget gaes. Biasakan untuk membuat password sosial media dengan mengkombinasikan symbol, huruf besar dan kecil, serta angka. Sangat disarankan untuk tidak mengisi password  dengan nama panjang kalian, tanggal lahir, kombinasi nama dan tanggal lahir tapi kalau martabak kombinasi enak juga tuh hahaha.

cara mudah menangkal serangan hacker

Menggunakan password dengan kombinasi angka, huruf, dan simbol lebih disarankan

Jika kalian mempunyai akun sosial media yang cukup banyak karena ingin eksis gue sangat menyarankan untuk menggunakan password yang berbeda antara satu sosial media dengan yang lain. Selain itu mengganti password selama beberapa bulan sekali juga penting sih menurut gue. Biar pacar juga jadi sulit kalau mau ngecek sana sini hahaha.

Tips 3 – Gunakan E-mail yang berbeda. Untuk kalian yang memanfaatkan sosial media seperti Instagram untuk berjualan gue sangat menyarankan untuk menggunakan akun e-mail tersendiri. Jangan dicampur-campur dengan e-mail pribadi. Yah intinya sama seperti penggunaan password yang sangat gue sarankan untuk berbeda-beda untuk setiap akun sosial media yang kalian gunakan. Dengan menggunakan e-mail yang berbeda-beda tentu para hacker sedikit sulit untuk membobol akun-akun sosial media kalian yang lain. Pacar aja bisa banyak masa bikin akun e-mail yang gratis ga bisa banyak haahahaaa…

cara menangkal serangan hacker

Menggunakan beberapa email untuk media sosial yang berbeda

Itu dia beberapa tips yang setidaknya bisa kalian coba untuk menangkal serangan hacker. Tapi gimana kalau ternyata akun kalian sudah kena hack? Hmmm…cara pertama tentu adalah berdoa semoga akun kalian baik-baik saja di tangan hacker dan semoga akun kalian juga diperlakukan dengan semestinya seperti dikasih makan dan minum hahahaha. Tolong abaikan ini.

OK cara yang paling mudah ketika salah satu akun media sosial kalian di hack adalah langsung melaporkan ke technical support dari sosial media tersebut. Cara mengadunya cukup kirimkan e-mail yang berisi penjelasan bahwa akun kalian sudah berpindah tangan. Biasanya sih akan dibalas selambat-lambatnya 2X24 jam. Ini kalau lagi ga sibuk, kalau lagi sibuk biasanya e-mail kalian bisa diabaikan seperti diabaikannya kalian kalau pacar lagi ngambek 😆😝.

cara menangkal serangan hacker

Membuat surat cinta

Jika email kalian dibalas biasanya kalian akan diminta keterangan seperti alamat email yang digunakan pada akun sosmed tersebut dan beberapa data-data lainnya. Silahkan ikuti saja petunjuk yang ada di dalam email balasan tersebut. Selain itu merekomendasikan teman untuk mengirim ke technical support juga bisa sangat membantu. Ini menandakan kalau akun kalian benar-benar di ambil oleh hacker alias kalian ga sedang main-main ke technical support-nya. Nah…segitu aja tulisan gue kali ini mengenai cara dan tips singkat untuk menangani kejahilan seorang hacker. Sebenarnya gue yakin orang yang iseng untuk mengambil alih akun sosial media kalian bukan hacker yang sebenarnya hacker. Mereka hanya iseng karena mungkin iri followers kalian banyak. Atau mungkin saja mereka lagi butuh duit hehehe. Hacker yang sebenarnya ga mungkin melakukan pekerjaan ecek-ecek seperti ini. Tetap bijak menggunakan sosial media ya gaes!!!!

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT