Random

3 Tips Ampuh Biar Ngeblog Tetap Konsisten

By on January 5, 2017

Tulisan gue kali ini terinspirasi oleh sohib gue yang bernama lengkap Deni Budiarto. Panggil saja Deni karena memang itu nama panggilannya hahaha *garing pisan. Jadi beberapa hari yang lalu sohib gue ini curhat ke gue. Bukan curhat tentang pasangan karena gue tahu sohib gue yang satu ini statusnya juga sama seperti gue yaitu JOMBLO 😂😅… Deni curhat tentang keinginannya kembali untuk berkarya melalui tulisan dengan membuat blog. Sebenarnya Deni sudah beberapa kali membuat blog tapi akhirnya mangkrak alias jalan ditempat alias mandeg…deg. Melalui LINE, Deni berdiskusi mengenai CMS apa yang pas untuk dia gunakan sebagai wadah kreasinya. Gue mencoba menjelaskan sedikit mengenai CMS yang gue tahu. Setelah itu dia kembali curhat gimana caranya biar bisa konsisten mengisi konten blog. Mengingat Deni sudah beberapa kali membuat blog, dia ga ingin blog yang sekarang dibuatnya mandeg lagi di tengah jalan karena ketidak-konsistenannya. Oh iya kalian bisa mengunjungi blognya Deni disini.

Nah melalui tulisan ini gue mencoba untuk berbagi pengalaman gue dalam dunia blogging, bagaimana sih cara agar bisa tetap konsisten membuat konten-konten di blog yang sudah kita buat. Gue sendiri bukan ahli dalam dunia blogging. Mengingat gue juga baru 2 tahun ini aktif di dunia blogging. Intinya tulisan gue kali ini lebih mengkhususkan untuk kalian yang ingin bisa terus konsisten mengisi konten di blog yang sudah kalian buat. Yuk simak tips ampuh agar tetap konsisten membuat konten di blog ala gue Jeje a.k.a Jee. Dan seperti biasa jangan lupa cemilan + secangkir kopi / teh / susu biar makin nikmat membaca artikel gue kali ini heuheu 😚😚…

Tips 1 – Menantang Diri Sendiri

Cara gue yang pertama ini cukup ampuh karena sudah gue praktikan sendiri. Iya gue sendiri yang jadi kelinci percobaannya 😜. Menantang diri sendiri disini berarti kalian harus mencoba memberikan tantangan ke diri sendiri *masa sih Jeeee… agar diri kalian merasa tertantang untuk terus bisa konsisten membuat konten-konten untuk ditampilkan di blog. Contoh sederhananya begini :

Jika kalian masih berusia muda sebagai blogger pasti ada rasa malas untuk rajin meng-update konten di blog. Karena rasa malas inilah penyebab utama blogger bisa mandeg di tengah jalan makanya harus dilawan. Salah satu cara menantang diri sendiri agar rasa malas ini hilang adalah membuat jadwal rutin untuk mengupdate blog. Misal update blog dilakukan pada hari Rabu dan Jumat maka konsistenlah dalam mengupdate blog pada hari yang sudah ditentukan tersebut. Jika memang lupa karena sesuatu hal berarti kalian harus menerima konsekuensinya dengan mengganti di hari lain agar konten tetap bisa ditampilkan di blog. Atau tetap di hari yang sama tapi dengan beberapa konten sekaligus yang ditampilkan. Dengan membuat jadwal nge-blog gue yakin kalian juga akan terus menerus berpikir konten apa yang berikutnya akan ditampilkan di blog.

tips ampuh agar ngeblog tetap konsisten

Mencoba untuk menantang diri sendiri

Cara gue yang lain adalah menantang diri gue dengan membuat minimal 500 kata dalam membuat artikel di blog. Dulu awalnya memang sulit karena gue pikir 500 kata itu sedikit tapi buanyaakkk juga ternyata. Sampai gue kehabisan kata-kata wkwkwk. Tipsnya kalau gitu yah perlahan saja. Dulu sebelum bisa membuat artikel minimal 500 kata gue menantang diri gue dengan mematok sebanyak 300 kata dalam membuat satu artikel untuk di blog gue yang pertama (Jejeblog). Satu sampai tiga bulan kemudian karena sudah terbiasa menulis akhirnya gue bisa ngalir gitu aja. Apa-apa yang gue pikirkan di otak akhirnya bisa tertuang dalam bentuk tulisan yang panjang bahkan gue sampai lupa kalau membuat artikel bukan curhat colongan wkwkwk.

Tips pertama ini benar-benar ampuh banget deh. Tapi kalian memang harus benar-benar ada niat dulu untuk terus mengisi konten di blog. Karena kalau niat belum ada mau bagaimanapun rasa malas akan mengalahkan semuanya. Bayangkan aja ngeblog tuh seperti ngejar-ngejar doi yang belum bisa lu gebet, nah tugas lu adalah berjuang terus menerus sampai titik darah penghabisan 😎😏.

Tips 2 – Membuat Draft

Kadang ada masa dimana kita lagi semangat-semangatnya untuk membuat artikel di blog tapi pas di situasi yang ga memungkinkan kita membuka laptop, seperti di keramaian saat naik bis misalnya. Saat semangat-semangatnya seperti ini biasanya ide-ide bagus bisa keluar dengan lancar.

Nah jangan sampai ide-ide yang bagus tersebut hilang begitu saja. Catat ide-ide tersebut menggunakan gadget yang kalian bawa misalnya smartphone. Catat inti-intinya dari ide yang tiba-tiba datang seperti bayangan mantan yang bisa kapan saja datang hahahaaa…

3 tips ampuh agar ngeblog tetap konsisten

Membuat poin-poin penting menjadi draft

Kalian cukup membuat poin-poin pentingnya saja di smartphone. Misal nih yah sewaktu jogging kalian melihat bunga mawar yang sedang mekar di halaman rumah tetangga kalian cukup membuat poin-poinnya seperti:

– warna bunga mawar

– letak bunga mawar

– ada tanaman apa saja di sekeliling bunga mawar

– jika memungkinkan ambil gambar bunga mawar tsb untuk nantinya ditampilkan di artikel

Setelah mencatat poin-poin utamanya silahkan kalian kembangkan lagi menjadi cerita deskripsi agar menjadi sebuah artikel yang menarik.

Gue sendiri sering banget melakukan hal seperti ini. Ketika dalam perjalanan jauh misalnya. Apa-apa yang gue lihat selama dalam perjalanan, gue coba untuk mencatat poin-poin pentingnya menggunakan smartphone atau buku. Setelah ada waktu luang untuk membuka laptop barulah gue mencoba untuk mengembangkan poin-poin penting tersebut sesuai dengan ingatan yang nyantol. Tapi kalau ingatan sama mantan mah pasti banyak yang nyantolnya hahahahaaa…

Tips 3 – Berkunjung ke Blog-Blog Senior

Tips terakhir adalah rajin-rajinlah berkunjung ke blog-blog senior. Blog senior disini maksudnya adalah blog yang sudah lama hadir di dunia per-blog-an, gampangnya blog tersebut sudah jadi sepuh atau dedengkot hahahaaaa… Bahkan blog senior ini gue yakin sudah menghasilkan dolar setiap bulannya heuheuheu…

Kenapa harus mengunjungi blog-blog senior? Karena dari hasil kita berkunjung ke blog-blog senior biasanya kita akan termotivasi agar terus bisa mengupdate blog yang kita punya untuk diisi dengan konten-konten yang bermanfaat sehingga viewer dan reader bisa bertambah. Selain itu dengan kita berkunjung ke blog senior kita juga bisa mendapatkan inspirasi ide-ide untuk nantinya dituangkan dalam bentuk artikel di blog kita pribadi.

dijamin ampuh tips konsisten saat ngeblog

Rajin-rajinlah berkunjung ke blog lain untuk bisa terus termotivasi

Gue sendiri setiap berkunjung ke blog-blog senior kadang berpikir “kok bisa yah konsisten dalam meng-update blog nih orang?” Yang intinya membuat gue tertantang untuk membuat konten yang lebih baik lagi.

Iyapss demikianlah 3 Tips Ampuh Biar Ngeblog Tetap Konsisten versi gue. Ketiga tips diatas benar-benar pengalaman gue pribadi selama mengurus Jejeblog selama dua tahun ini. Jika kalian mempunyai tips lain agar tetap bisa konsisten dalam dunia blogging boleh lho berdiskusi melalui kolom komentar dibawah.

Ok sampai disini dulu pertemuan bersama gue-nya yah. Sampai bertemu lagi di kesempatan lain dan gue harap kalian ga bosen dengan tulisan-tulisan yang gue buat heuheuheu…. See you gaes!!!

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT