Random

Proses Kreatif Dalam Membuat Konten Di Blog

By on January 22, 2017

Beberapa waktu yang lalu gue ditanya sama seorang sohib gue mengenai status gue apakah masih menjomblo atau sudah naik statusnya hahahaaa… Iya beneran deh sohib gue nanyain hal itu ke gue sebagai basa-basi aja sih *walaupun jleb banget ke hati gue wkwkwk. Tapi sebenarnya yang sohib gue menanyakan hal ini sih

Jee gimana sih proses kreatif lo untuk membuat sebuah konten di blog?Maksudnya tuh gimana cara lo dari mencari ide terus mengembangkannya menjadi tulisan di blog?

Iyaaa… ketahuan banget sohib gue satu ini benar-benar pengen kepoin gue dalam urusan ngeblog hihihiiii… Nah dari pertanyaan sohib gue ini akhirnya gue berpikir untuk menjadikannya sebuah artikel yang saat ini bisa kalian baca. Jadi buat kalian-kalian nih yang saat ini lagi suka-sukanya ngeblog semoga tulisan gue kali ini bisa membantu kalian dalam mengisi konten-konten yang ada di dalam blog yang kalian buat. Yah walaupun gue bukan blogger terkenal, seengganya sekarang lagi proses untuk menjadi terkenal hahahaaaa… Yuk ah langsung aja disimak Proses Kreatif Dalam Membuat Konten Blog ala gue Jefry Kurniawan a.k.a JeeJee.

1. Pencarian Ide

Proses pertama yang harus dilalui adalah mencari ide-ide dasar untuk dijadikan konten dalam blog. Gue yakin ngga hanya gue aja yang bakal melakukan proses pencarian ide karena proses ini adalah hal dasar yang memang harus benar-benar dicari. Bisa dibilang proses ini merupakan pondasi *udah kaya mau bikin rumah aja.

Gue sangat yakin ide-ide yang bagus akan membuat sebuah konten di dalam blog menjadi sangat menarik sehingga akan banyak viewer atau reader yang betah berlama-lama di mantengin blog kita bahkan mungkin ada yang akan kangen bila kita tidak segera mengupdate blog *bukan kangen ke miminnya hahahaaa…

Nah karena sebuah ide merupakan hal dasar yang harus benar-benar dicari maka prosesnya terbilang susah-susah gampang menurut gue. Dari pengalaman, gue akan mengalami kesusahan dalam mencari ide ketika otak lagi benar-benar buntu atau emang lagi banyak pikiran sehingga ngga bisa konsen dalam mencari id. Seringkali kalau udah gini pasti gue bakal telat mengupdate konten di blog. Seharusnya hari Selasa gue bisa update, eh…bisa-bisa satu minggu kemudian baru diupdate heheheee… Hal ini sangat-sangat sering terjadi di gue. Ga tahu deh kalau blogger-blogger yang sudah professional, pernah ngga yah ngalamin hal seperti ini.

proses kreatif dalam membuat sebuah konten blog

Mencari ide untuk membuat konten blog merupakan hal yang bisa gue bilang susah-susah gampang

Di lain sisi tentu ngga selamanya otak gue mampet. Ada kalanya gue sehari bisa bikin 2-3 konten sampai gue sendiri bingung mau update kapan hahahaaa… Kalau pas keadaannya seperti ini terasa mudah banget buat gue dalam mencari ide untuk dibahas dalam blog.

Nah Jee gimana sih cara lo untuk mendapatkan ide?

OK gue tahu pasti kalian semua akan mempunyai pertanyaan seperti itu. Gue bakal jawab dari pengalaman-pengalaman gue yah.

Jadi untuk mendapatkan sebuah ide biasanya gue akan melakukan hal-hal berikut ini.

  • Blogwalking. Bahasa sederhananya berkunjung ke blog-blog orang untuk membaca atau sekedar jalan-jalan aja. Biasanya dari hasil jalan-jalan ke blog orang, gue bisa menemukan ide-ide untuk membuat sebuah konten di blog. Plusnya blogwalking menurut gue adalah kita bakal mendapat wawasan baru yang mungkin sebelumnya ngga kita dapat.
  • Hangout. Biasanya kalau otak lagi buntu tandanya kita lagi butuh hiburan, bener ngga? Yah salah satu cara gue untuk membuka jalan otak gue yang lagi buntu adalah hangout. Hangout ga perlu selalu mengajak teman, sohib atau pasangan *nah gue kan ga punya pasangan hahahaaa… Kalian bisa pergi hangout sendiri, yah pokoknya lakuin aja deh hangout ala kalian. Entah shopping, nonton, nongkrong di café atau berbagai hal lain. Dari hangout biasanya akan ditemukan ide-ide baru dari kejadian-kejadian di sekitar. Kalau gue pribadi biasanya nongkrong di café sambil merhatiin orang yang lalu lalang di sekitar café, yah siapa tahu gue ketemu jodoh juga sih wkwkwk.
  • Berimajinasi. Kadang-kadang nih gue juga sering berimajinasi untuk bisa menemukan sebuah ide. Misal aja gue habis nonton anime. Gue bisa langsung berimajinasi bagaimana kalau gue yang menjadi tokoh utama dalam anime tersebut. Gue coba imajinasikan dalam pikiran gue. Dari hasil imajinasi ini biasanya akan terlahir ide-ide liar yang bisa dijadikan untuk membuat konten di blog.

Hmmm…gue rasa tiga cara diatas yang sering banget gue lakukan kalau otak lagi buntu ketika ide ga mau mampir. Udah kaya kamu aja yang ngga mau mampir ke hati ini hikksss…. 😜.

2. Mencatat Poin-Poin Penting

Setelah mendapatkan ide tahap selanjutnya adalah mencatat poin-poin penting dari ide yang sudah gue dapat tersebut. Misalnya gini, gue lagi pengen me-review sebuah film A. Gue akan mencatat poin-poin penting yang akan gue bahas dalam isi konten seperti: siapa nama tokoh utama, berperan sebagai apa tokoh utama tersebut, bagaimana alur cerita film tersebut, bagaimana penilaian gue pribadi terhadap film tersebut, dan sebagainya.

proses dalam membuat konten blog

Tahap kedua adalah mencatat poin-poin penting untuk nantinya dikembangkan

Dengan mencatat poin-poin penting tentu kita ga akan keluar dari apa yang ingin dibahas. Poin-poin penting ini tuh kalau di skripsi bisa dibilang batasan masalah. Jadi memberikan batasan-batasan untuk membahas suatu ide biar ga keluar batas. Menurut gue membuat poin-poin ini sangat penting sih. Gimana menurut kalian?

3. Mulai Membuat Konten

Setelah mendapatkan poin-poin penting maka tahap selanjutnya adalah mulai membuat konten. Gue pribadi ketika membuat konten lebih senang membuatnya di MS Word. Jadi gue mengetikkan semuanya terlebih dahulu menggunakan MS Word baru gue salin ke blog. Tapi mungkin sebagian blogger ada yang bisa langsung menuliskan konten-kontennya ke blognya langsung.

6 langkah dalam pembuatan konten blog

Saatnya menuangkan poin-poin kedalam kalimat-kalimat panjang

Mengapa gue membuat konten terlebih dulu di MS Word? Alasannya yah buat back-up aja sih. Jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di blog gue seengganya gue udah punya back-up-nya heheheee…

Dalam membuat konten sebuah tulisan, gue sendiri punya kriteria yang harus dipenuhi. Kriteria tersebut adalah mengisi konten dengan panjang tulisan minimal 350 kata. Ngga tahu kenapa terbesit ide seperti ini. Tapi yah tantangan juga sih buat gue biar lebih pintar lagi dalam mengolah kata-kata untuk bisa disampaikan melalui konten tulisan yang gue buat hihihiiii…

4. Mereview Isi Konten

Sebelum di posting ke blog, gue biasanya akan melakukan review isi konten terlebih dahulu. Gue bakal mengecek kembali apakah sesuai dengan poin-poin yang sudah gue buat sebelumnya. Selain itu, gue juga biasanya akan mengecek kata-kata yang digunakan apakah sesuai atau ngga. Ngga jarang gue menemukan kata-kata ambigu di konten tulisan yang sudah gue buat. Jadi mau ngga mau yah harus direvisi heheheee…persis banget seperti proses pembuatan skripsi lah.

proses kreatif dalam membuat konten di dalam blog

Jangan lupa untuk mereview konten yang sudah dibuat

Tujuan mereview isi konten ini menurut gue adalah menjadikan gue pribadi menjadi seorang reader. Jadi gue merasakan bagaimana jika gue menjadi seorang reader dengan membaca tulisan yang sudah gue buat. Apakah gue akan puas atau ngga.

5. Mencari Pemanis

Pemanis disini maksudnya adalah pelengkap jadi bukan gula yah hahahaaa… Iya mencari pelengkap untuk menghiasi konten yang sudah gue buat. Misalnya saja gambar atau video. Dengan adanya pemanis ini gue yakin konten akan lebih menarik lagi di mata viewers dan readers. Jadi mereka semua bisa betah untuk berlama-lama di blog.

tips membuat konten blog

Mencari pemanis agar isi konten terlihat lebih menarik lagi

Ngga jarang gue mendesain sendiri gambar-gambar yang dibutuhkan dalam sebuah konten. Biasanya sih gue mendesain untuk featured image. Yah sekalian belajar untuk menggunakan software photo editing lah… siapa tahu bisa menjadi pekerjaan sampingan hahahaaaa…

6. Publish di Blog

Setelah semuanya selesai barulah gue nge-publish di blog. Di blog pun juga harus butuh penyesuaian lagi. Misal body text harus rata kanan kiri, menyematkan hyperlink, menambahkan gambar dsb. Setelah semua sesuai dan yakin barulah gue menekan tombol publish untuk mem-publish konten yang sudah dibuat.

membuat konten kreatif dalam sebuah blog

Saatnya di publish!!!

Mungkin ada diantara kalian yang berpikir kalau gue kerja dua kali. Udah ngetik di MS Word kemudian harus di salin ke blog. Tapi yah emang selama ini gue melakukan hal tersebut dan nyaman-nyaman aja kok. Yah walaupun sedikit memakan waktu sih heheheeee…

Nah itu dia 6 Langkah Proses Kreatif Dalam Membuat Konten Di Blog ala gue. Jika kalian punya cara-cara lain boleh lho untuk saling berdiskusi melalui kolom komentar. Gue akan sangat meng-apresiasi buat kalian yang mau berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam membuat konten di blog.

OK sampai disini dulu pertemuan kita kali ini yah. Tetap pantengin blog ini untuk mendapatkan update terbaru. Sampai bertemu di lain kesempatan. See you gaes…!!!

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT