Stories

Mendapat Banyak Pengalaman Dari Mengurus Blog

By on December 15, 2016

Dalam tulisan kali ini gue ingin berbagi cerita ke kalian semua mengenai pengalaman gue mengurus blog. Jadi tulisan kali ini cocok banget dibaca untuk kalian yang masih ragu-ragu atau setengah hati untuk membuat blog atau website pribadi. Gue harap tulisan gue kali ini bisa mengajak kalian yang masih ragu-ragu membuat blog jadi langsung 100% yakin untuk membuat. OK langsung aja yah gue cerita, tapi sebelum cerita seperti biasa jangan lupa gorengan + kopi hangatnya biar tambah nikmat menikmati tulisan gue. Bisa ditambah dengan pacar sendiri ataupun pacarnya teman untuk menemani 😝😄.

Awal Mula Mengenal Blog

Gue pribadi mengenal blog sejak duduk di bangku SMA *kerjaan gue di SMA cuma duduk-duduk aja hahaha. Gue inget banget waktu itu guru TIK gue memberikan tugas kelompok untuk membuat blog dan harus berisikan konten seputar pelajaran TIK. Gue berterima kasih banget nih sama guru TIK gue yang bernama Pak Sofyan karena jujur aja dari tugas membuat blog ini gue mulai mempunyai ketertarikan untuk ngeblog.

Akhirnya gue membuat blog di WordPress. Seingat gue waktu itu CMS ini sedang naik daun dibandingkan Blogspot. Jadilah gue bersama ketiga teman kelompok gue membuat blog menggunakan WordPress. Awalnya sempat kebingungan gimana cara membuat artikel untuk di publish menggunakan WordPress. Sumpah gue katro banget waktu itu. Kalau kalian lihat muka gue waktu itu melongo sambil mulut menganga yang siap menampung lalat masuk hahahaaaa.

cerita pengalaman mengurus blog

Mencoba untuk ngeblog

Akhirnya setelah gue berkenalan lebih lanjut dan memahami WordPress gue bisa juga posting artikel wkwk. Sumpah kalau inget kejadian ini bisa bikin ketawa-ketawa sendiri, asli kocak banget karena gue dan ketiga teman gue membuat blog melalui warnet. Gue inget banget waktu itu billing gue paling brisik sampai ditegur sama mba-mba penjaga warnetnya. Ah untung waktu itu mba-mba penjaga warnetnya cantik 😍😘.

Dari tugas sekolah akhirnya gue mempunyai ide untuk membuat blog sendiri. Waktu itu gue membuat blog yang isinya puisi-puisi yang gue buat. Maklum masa-masa SMA gue benar-benar mengalami kegalauan yang akut hahaha. Gue inget waktu itu nama blog pertama gue adalah jefrykur.wordpress.com, gue benar-benar ga memikirkan sebuah nama yang enak di dengar waktu itu. Menurut gue dengan menggunakan nama gue untuk blog, gue pasti bakal terkenal hahahaaa *pede mode on.

Blog pertama gue ini ga seratus persen bisa keurus karena waktu itu di rumah belum terpasang yang namanya internet. Selain itu harga modem waktu gue SMA juga masih mahal ga seperti sekarang yang harganya udah kaya kacang rebus huffttt. Jadi gue update blog kalau ada uang jajan sisa yang bisa gue gunakan untuk ke warnet. Gue inget banget waktu itu harga per-jam warnet di daerah sekitar sekolah gue adalah Rp 5.000. Atau kalau lagi kere-kerenya ga ada sisa uang jajan tapi pengen update blog, gue ke lab TIK cuma untuk ngenet sekitar 10-15 menit hanya untuk meng-update blog hahaha. Iya waktu itu gue keranjingan banget sama dunia blog.

Tapi akhirnya blog pertama gue ini ga keurus. Benar-benar ga keurus dan sekarang sudah mati. Penyebabnya karena kesibukan gue di ekskul waktu itu. Banyak ekskul dan kegiatan OSIS yang harus gue ikuti, jadi gue harus menomor sekiankan blog gue tersebut. Tapi kalau kamu pasti selalu aku nomor satukan kok *eaaaa….Eh tapi sekarang gue juga tetap punya sisi romantis dengan masih membuat puisi-puisi kegalauan lho. Kalian bisa mengunjungi Tumblr gue disini untuk bergalau ria heuheu sekalian promosi.

Mulai Serius Untuk Nge-Blog

Dari blog pertama yang gue buat tersebut ternyata membawa banyak pengalaman baru buat gue pribadi terutama dalam hal mengurus blog. Antara susah dan mudah hehehe. Singkat cerita gue membuat blog kedua dengan nama photoshoppdf.wordpress.com. Blog kedua gue ini dibuat waktu gue semester dua kuliah D3 di Bandung. Blog kedua ini berbeda banget dengan blog pertama gue. Konten blog kedua gue ini berisi tutorial-tutorial Photoshop berbentuk file PDF. Blog kedua ini benar-benar bisa gue urus karena jadwal kuliah dan juga tugas-tugas kuliah di semester awal belum begitu padat seperti semester-semester pertengahan, selain itu fasilitas pendukung seperti internet juga ada di kosan heuheu jadi tinggal guenya aja mau manfaatin atau ga.

Memang dasarnya lagi senang-senang ngeblog, jadi dalam seminggu gue bisa update blog kurang lebih 3-4 kali. Akhirnya dari keseringan update blog gue menemukan sebuah masalah baru. Apa itu? Penasaran dong pasti wkwkwk. Masalah tersebut adalah ide dalam mengisi konten di blog. Karena blog kedua gue ini berisi tutorial Photoshop, gue harus terus berkreasi untuk membuat tutorial-tutorial baru dan itu menurut gue lumayan sulit setelah banyak tutorial Photoshop yang gue buat. Kebanyakan tutorial Photoshop pasti sama-sama saja tinggal kita yang harus berkreasi lebih lanjut. Bahkan akhirnya gue pernah membuat tutorial Photoshop yang hampir-hampir mirip dengan tutorial yang sudah gue publish di blog sendiri cuma yang membedakan hanya tekniknya saja yang sedikit gue ubah. Gue udah hampir nyerah  waktu gue ga bisa menemukan ide untuk membuat tutorial-tutorial baru. Tapi akhirnya gue nyerah juga sih dan blog kedua gue ini sempat ga keurus kurang lebih 6 bulan kalau ga salah inget hahaha.

pengalaman mengurus blog

Saatnya mulai ngeblog serius

Singkat cerita gue dipertemukan dengan senior bernama Mas Wahyu. Beliau ini programmer. Dari beliau gue dirayu untuk mencoba men-TLD-kan blog gue tersebut. Eitss tunggu dulu kalian pasti ada yang merasa asing dengan istilah TLD? Gue jelasin singkat yah. TLD adalah singkatan dari top level domain. Itu lho yang ada dibelakang nama website seperti dotcom (.com), dotnet (.net), dotid (.id) dan masih banyak yang lainnya. Kalau mau lebih jelasnya bisa tanya ke mbah Google atau ke Wikipedia gaes.

Akhirnya gue cari deh perusahaan-perusahaan yang menyediakan layanan hosting dan domain. Gue bandingkan satu sama lain harganya. Jiwa emak-emak gue keluar deh kalau bandingkan harga gini, pokoknya harus yang ga bikin dompet teriak hahaha. Untunglah ketemu dan memang juga direkomendasikan sih sama Mas Wahyu. Oh iya waktu itu gue pikir yang namanya hosting dan domain itu cukup bayar sekali aja lho hahaha… sekalinya hanya menyewa dan harus membayar selama periode tertentu wkwkw. Harap maklum waktu itu gue masih gaptek dan cupu abiss deh heuheu… Blog gue waktu itu bernama photoshoppdf.com.

Senang punya blog yang sudah di TLD-kan, gue aktif buat melakukan blogwalking. Maksud dan tujuannya adalah untuk memberikan jejak di blog atau website orang lain kalau gue pernah ke blog atau websitenya. Bahkan sering banget aktif di KASKUS hanya untuk mempromosikan blog gue tersebut.  Tapi seiring jalannya waktu karena udah masuk semester pertengahan udah banyak tugas menumpuk dan akhirnya blog photoshshoppdf.com gue hanya bisa berjalan satu tahun. Hiksss sedih harus berpisah 😭😭.

pengalaman seru mengurus blog

Yeee jadi blogger

Akhirnya gue bisa buat blog baru lagi di awal tahun 2015 yang gue kasih nama jejeblog.net. Alhamdulillah blog tersebut masih berjalan sampai sekarang. Jejeblog berisi tentang konten-konten seputar review game dan aplikasi untuk perangkat Android dan iOS kalau kalian belum berkunjung harus segera berkunjung yaa…karena kontennya benar-benar menarik lho huhuhu…

Dari beberapa kali mengurus blog kemudian sempat vakum dan bisa bangkit lagi di Jejeblog sekarang, gue menemukan banyak pengalaman-pengalaman dan manfaat ngeblog. Berikut ini manfaat yang gue dapatkan dari nge-blog.

Manfaat Nge-Blog Versi Jeje

  • Mendapat Teman Baru

Hal pertama yang paling gue rasakan ketika aktif ngeblog adalah menemukan teman baru. Teman baru ini bisa kita dapatkan melalui komentar visitor di blog kita. Kadang-kadang dari hanya komentar biasanya visitor meminta alamat email kita karena ingin berkonsultasi secara privat atau mengajak kerja sama. Ini benar-benar menyenangkan banget menurut gue. Bahkan pernah ada beberapa visitor yang memberikan komen di Jejeblog meminta ID Line/WA gue untuk diajarkan untuk melakukan sebuah trik di iPhonenya. Hufftt bisa terkenal mendadak heuheu.

  • Tempat Berkreasi

Dengan nge-blog kita juga berkreasi. Berkreasi menciptakan konten-konten unik yang sesuai dengan tema blog kita. Dari berkreasi ini lama kelamaan kita akan dituntut untuk lebih kreatif. Seperti kreatif dalam mengolah kata-kata, menampilkan gambar, merayu orang untuk mengunjungi blog kita bahkan merayu cewe untuk menjadi pacar gue hahahaaa.

  • Tempat Menampilkan Karya

Walaupun pada dasarnya blog digunakan untuk menampung konten berupa tulisan tapi di zaman sekarang blog/website pribadi juga sudah banyak digunakan untuk menampilkan sebuah karya agar bisa dinikmati oleh banyak orang kapan dan dimana saja. Mungkin jika kalian mempunyai bakat menjadi model, photography, membuat video dsb hasil karya kalian bisa dipajang lho di website/blog. Dengan dipajang di website/blog berarti sama saja melakukan promosi kan? Apalagi promosinya gratis heuheu.

  • Tempat Belajar

Blog juga bisa sebagai media belajar lho gaes. Terutama belajar berkomunikasi. Mungkin jika kalian baru memulai ngeblog masih belum merasakan banget kalau blog bisa sebagai media untuk tempat belajar. Tapi coba deh jalani dulu sampai sekitar 3-6 bulan dengan rajin mengupdate. Kalian akan berpikir bagaimana membuat konten yang menarik, harus dengan bahasa seperti apa untuk menyampaikannya dan masih banyak hal-hal lainnya yang akan terus membuat kalian belajar dan belajar lagi.

  • Tempat Menghasilkan Pundi-Pundi Rupiah

Udah ga bisa dipungkiri lagi kalau blog sekarang bisa menghasilkan rupiah. Udah banyak blogger yang hanya duduk santai sambil mengetik di depan layar laptop/PC mendapatkan penghasilan setiap bulannya. Bahkan penghasilannya bisa melebihi pekerja kantoran. Blog saat ini memang bisa dijadikan sebuah investasi jangka panjang karena melalui blog kita bisa menghasilkan rupiah. Jika kalian serius untuk ngeblog gue yakin ga akan butuh waktu lama blog kalian bisa untuk di monetisasi. Masa masih ga tertarik juga ngeblog bro?? Menghasilkan rupiah lho hohoohooo…

Sepertinya cerita tentang Mendapat Banyak Pengalaman Dari Mengurus Blog harus gue akhiri sampai disini. Sebenarnya banyak manfaat-manfaat lain yang gue dapat dari kegiatan nge-blog, tapi karena jari-jari udah keriting gue sebutin yang pokok-pokoknya aja ya hahaha. Di lain kesempatan gue mau bahas kenapa sih harus menggunakan TLD untuk blog kita dan apa manfaatnya. Buat kalian yang mau cerita-cerita tentang pengalaman ngeblog boleh juga lho di kolom komentar di bawah. Silahkan cerita dengan singkat suka duka mengurus blog. Gue tunggu yah.

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT