Stories

Jangan Takut Solo Traveling, Ini 5 Manfaatnya

By on January 21, 2017

Melakukan perjalanan atau bahasa kerennya traveling pasti lebih seru jika bersama teman, sahabat, keluarga, pasangan atau mantan 😀. Bener ga? Apalagi kalau traveling-nya menuju lokasi favorit bersama mantan, beeeuuuhhhh bisa-bisa CLBK tuh hahahaaa…

Tapi pernah ga sih kalian berpikir untuk melakukan solo traveling ke suatu lokasi? Iya solo traveling. Maksudnya bukan traveling ke kota Solo yah 😜 tapi melakukan perjalanan sendirian. Gue yakin banget pasti kebanyakan dari kalian bakal menggelengkan kepala jika disuruh untuk melakukan solo traveling.

Wajar banget sih kalau kalian akan menggeleng-gelengkan kepala seperti lagi menikmati lagu dangdut jika disuruh untuk melakukan solo traveling. Apalagi travelingnya ke suatu lokasi yang jaraknya jauh atau lokasi-lokasi baru yang kalian sendiri masih sangat asing. Seperti hubungan kita sekarang…terasa asing #eaaaa. Selain itu pasti akan muncul di pikiran-pikiran kalian bayang-bayang mantan eh bukan…bukan maksudnya muncul rasa takut, rasa kurang percaya diri karena harus melaukan apa-apa sendiri.

Hmmm…tapi sekali-kali kalian harus mencoba untuk menjadi seorang solo traveler lho. Seperti gue yang akhir-akhir ini lagi senang-senangnya untuk menikmati keindahan alam Indonesia sendiri. Jangan nanya

Lah Jee lo kan jomblo? Jadi apa-apa pasti sendiri kan?

*plaaakkk… iya-iya gue jomblo (semakin di pertegas dengan pengakuan).

Nah untuk kalian nih yang saat ini masih takut untuk solo traveling atau sudah berencana untuk ber-solo traveling tapi masih ragu-ragu, gue bakal kasih tahu ke kalian 5 manfaat yang akan kalian dapat ketika melakukan solo traveling. Manfaat yang gue jabarkan di bawah ini merupakan pengalaman dari gue pribadi. Jadi monggo disimak gaes.

1. Belajar Mengenal Diri Sendiri

5 manfaat saat melakukan solo traveling

Mengenal pribadi sendiri dengan melakukan solo traveling

Salah satu manfaat yang akan kalian dapat ketika memutuskan untuk melakukan solo traveling adalah belajar mengenal diri sendiri. Maksudnya adalah kalian akan mengenal siapa pribadi kalian lebih dalam lagi. Dengan begitu kalian tentu akan lebih menghargai diri sendiri, mengetahui kemampuan kalian, dan hal-hal lain yang ada di diri sendiri tapi selama ini belum keluar atau masih ragu-ragu untuk keluar.

2. Belajar Untuk Me-Manage

Jika kalian traveling bersama keluarga pasti kalian hanya akan mengikuti apa yang sudah direncanakan oleh ibu atau ayah. Tapi lain halnya jika kalian melakukan solo traveling. Kalian harus melakukannya dengan sendiri seperti mengatur waktu untuk pergi ke lokasi wisata, menyeleksi barang-barang bawaan, mencari tahu akses jalan menuju lokasi wisata, mencari tahu kendaraan umum yang bisa dipakai, mencari tahu hubungan mantan dengan pacar barunya #eaaa… dan sebagainya.

manfaat dari solo traveling

Solo traveling mengajarkan bagaimana kita untuk me-manage dengan baik

Yapss hal-hal tersebut akan kalian alami selama melakukan solo traveling. Walaupun mungkin terlihat rumit tapi itu semua merupakan hal-hal yang menyenangkan. Dengan begitu kalian akan belajar untuk mengatur segala sesuatunya agar sesuai dan pas tanpa campur tangan orang lain.

Menarik Dibaca: Wisata Pantai Sodong

3. Belajar Untuk Berkomunikasi

Dengan melakukan solo traveling kalian benar-benar akan diajak untuk belajar berkomunikasi dengan warga-warga daerah yang kita kunjungi. Misal saja ketika kalian tersesat di jalan ketika ingin menuju ke suatu lokasi tertentu. Mau tidak mau pasti kalian harus bertanya ke orang-orang sekitar untuk mencari informasi akses jalan menuju lokasi tersebut bukan? Walaupun saat ini sudah ada teknologi GPS, tapi rasa-rasanya jika kalian menuju lokasi yang masih baru, GPS dengan teknologi terbaru pun akan sulit menemukan lokasinya, bener ngga?

4. Menemukan Teman Baru

Beberapa kali gue melakukan solo traveling, gue menemukan teman-teman baru lho. Bukan pacar baru yah hahahaaa… Bahkan kadang-kadang ada orang yang meminta tukeran akun sosial media gue, yah walaupun ujung-ujungnya biasanya nih untuk mempromosikan dagangannya hahahaaaa…

5 alasan mengapa kamu harus melakukan solo traveling

Bisa menemukan teman atau bahkan keluarga baru saat melakukan solo traveling

Tapi ga sedikit juga selama solo traveling gue menemukan orang-orang seru yang asyik diajak ngobrol, bercanda dan sebagainya. Bahkan ketika kalian bisa berbaur dengan masyarakat-masyarakat sekitar gue sangat yakin, kalian akan bisa menemukan keluarga baru bahkan jodoh mungkin?

5. Menikmati Destinasi Wisata Dengan Bebas

Jika kalian ke suatu lokasi wisata bersama dengan keluarga atau pasangan pasti kalian akan merasa terganggu jika salah seorang ingin cepat-cepat keluar dari lokasi wisata tersebut karena berasalan lokasi wisata kurang menarik, tapi malah menurut kalian lokasi wisata tersebut justru sangat menarik. Gue yakin kalian pernah mengalami situasi seperti ini? Bener ngga?

solo traveling dan tips-tipsnya

Menikmati destinasi tanpa ada gangguan

Akan beda halnya jika kalian melakukan solo traveling. Para pengganggu-pengganggu tersebut tentu ngga akan hadir di samping kalian. Paling yang ganggu kenangan-kenangan masa lalu sih hahahaaa… Jika kalian melakukan solo traveling gue jamin kalian akan bisa menikmati lokasi wisata dengan tenang dan bebas. Kalian bisa puas berjam-jam di lokasi wisata tersebut dan menikmati keindahan-keindahannya.

Yoosshhh!!! Itulah 5 Manfaat Solo Traveling yang gue rasakan sendiri. Buat kalian yang masih ragu-ragu karena bayang-bayang mantan eh maksudnya bayang-bayang rasa takut untuk bersolo traveling mending dibuang jauh-jauh deh tuh rasa takutnya. Kalian bisa memulai solo traveling dengan mengunjungi lokasi wisata yang mungkin jaraknya ngga terlalu jauh dari tempat tinggal kalian. Nanti ketika kalian sudah mulai menemukan keberanian dan kenikmatan solo traveling, kalian bisa menjelajah ke tempat-tempat seru yang mungkin selama ini masih dalam angan-angan saja. Yuk ah keluar rumah… Masih banyak lho wisata-wisata Indonesia yang menunggu kita untuk menginjakkan kaki. Jangan sampai menyesal di kemudian hari hohohooo… Sampai disini dulu tulisan dari gue, sampai ketemu di kesempatan yang lain. See you gaes!!!

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT