Stories

Cerita Dibalik Foto: Bulan

By on February 26, 2017

Data Exif

Camera: Nikon Coolpix S9900

Shutter speed: 1/50

Aperture: f/8

ISO: 125

Focal length: 270 mm

cerita dibalik foto bulan

Mengambil foto bulan dengan kamera prosumer

Diambil menggunakan kamera prosumer Nikon Coolpix S9900 yang punya punya kemampuan super tele zoom. Kamera-kamera prosumer sekarang zoomnya gila-gilaan bro. Jadi ngambil foto bulan seperti ini bukan hal yang mustahil lagi. Bayangin deh gimana kalau kalian menggunakan DSLR untuk foto bulan pasti bakal repot banget buat pakai lensa tele yang beratnya bisa bikin pegel tangan hihihi… apalagi lensa super tele harganya bisa bikin kering dompet huhuhu…

Cerita dibalik foto: Bulan

Ngambil foto bulan tentu butuh settingan yang sedikit tricky (menurut gue yah). Kalau settingan salah bisa-bisa overexposure atau malah underexposure. Nah gue ngambil gambar ini menggunakan kamera andalan gue juga beberapa kali gagal bro. Gue ngambil gambar bulan ini ngga cukup satu dua kali lho. Beberapa kali dan kebanyakan gagalnya karena goyang, jadi si bulannya ngeblur. Maklum gue ngga pakai tripod saat mengambil foto bulan ini.

Mungkin ada sekitar satu jam lebih gue mencoba untuk ngejepret si bulan. Lamanya karena harus nyari momen yang pas karena beberapa kali si bulan tertutup awan. Emang seninya fotografi tuh nunggu momennya sih. Sama kaya nungguin doi yang ngga ngasih jawabannya wkwkwk.

Shutter speed: 1/50

Aperture: f/8

ISO: 125

Focal length: 189 mm

teknik mengambil gambar bulan

Penampakan bulan menggunakan kamera prosumer

 

Buat kalian yang ingin ngambil foto bulan, gue ada sedikit tips nih. Eh ini tips dari pengalaman gue yah bro, yah walaupun gue bukan photographer professional tapi ngga apa-apa yah ngasih triknya heuheuheu…monggo yang mau tau tips dan triknya disimak.

  • Gunakan nilai aperture besar. Pada kamera Coolpix S9900 yang gue pakai nilai aperture terbesarnya adalah f/8. Jika kalian menggunakan DSLR atau mirrorles pasti aperturenya akan mempunyai nilai yang lebih besar lagi. Maksud penggunaan aperture besar adalah agar permukaan bulan tampak lebih jelas / detail.
  • Gue menggunakan mode Aperture saat mengambil foto bulan ini. Kenapa? Karena gue nyari simple-nya aja bro. Jadi dengan menggunakan mode Aperture maka shutter speed yang digunakan akan secara otomatis diatur oleh kamera. Untuk yang sudah ahli mungkin bisa menggunakan mode manual yang tentunya harus di sesuaikan lagi settingannya.
  • ISO saat mengambil gambar bulan sebaiknya menggunakan nilai ISO kecil. Mungkin bisa antara 100-200. Hal ini dikarenakan permukaan bulan tuh cerah banget bro. Kalau menggunakan ISO diatas 200 pasti bisa overexposure. Gue udah mencoba menggunakan ISO-400 dan hasilnya malah overexposure plus ngeblur hahaha… percobaan gagal 😂.
  • Jika perlu turunkan Exposure Value beberapa stop untuk mendapatkan detail bulannya. Penurunan exposure value bisa kalian gunakan jika sudah menggunakan nilai ISO rendah tapi hasilnya masih overexposure.
  • Beberapa kamera DSLR dan mirrorless bahkan prosumer ada yang mempunyai settingan brightness / contrast. Kalian juga bisa memanfaatkan settingan tersebut jika memang ada di kamera yang dipakai.
  • Gue sangat menyarankan untuk menggunakan tripod. Fungsinya tentu udah tahu dong yah? Apalagi kalau bukan untuk mengurangi getaran.

Nah itu dia sedikit Cerita di Balik Foto. Jadi Cerita di Balik Foto ini adalah konten baru yang hadir di blog gue. Isinya sih tentang cerita-cerita di balik foto-foto yang pernah gue ambil. Jika ada tips dan trik dalam mengambil foto, gue bakal kasih tahu ke kalian semua. Nah karena gue bukan photographer professional kalau ada tips atau trik yang kiranya menurut kalian kurang tepat monggo loh bisa dikoreksi, gue tentu bakal senang banget karena akan dapat pelajaran baru.

Sekian dulu cerita gue dibalik foto bulan yang gue ambil menggunakan Coolpix S9900. Sampai ketemu cerita-cerita foto gue berikutnya yah. Jangan lupa untuk selalu mampir ke blog gue. See you gaes…!!!!

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT