Stories

Jalan-Jalan Dadakan Ke Teras Cihampelas

By on February 14, 2017

Halllooo semua… selamat pagi, siang, sore, malam (silahkan sesuaikan saat kalian membaca postingan ini *maksa 😏. Gue balik lagi nih dengan membaca cerita seru yang sayang banget kalau kalian tinggal gitu aja cukup dia yang meninggalkan hati ini… kamu jangan yaa!!!

Postingan kali ini gue bakal mengajak kalian semua untuk menikmati Teras Cihampelas atau nama kerennya Skywalk Cihampelas. Bisa gue bilang, Teras Cihampelas ini merupakan icon terbaru dari kota Bandung… kota yang terlahir saat Tuhan sedang tersenyum ☺. Teras Cihampelas ini baru diresmikan oleh Kang Emil selaku Walikota Bandung di awal bulan Februari. Sihir Kang Emil sebagai Walikota Bandung memang sangat manjur. Pembangunan ruang-ruang publik untuk menaikkan index of happiness warga Bandung sudah teruji. Bahkan banyak yang bilang Kang Emil adalah Walikota seribu taman hahahaaa…

Penasaran dong gimana sih serunya Teras Cihampelas ini? Yoookkk langsung disiapkan cemilan + secangkir kopi / teh untuk teman membaca kali ini. Kalau sudah siap semuuuaaaaa… cussss lanjut membacanya gaes 😉.

Warna-Warni Teras Cihampelas

Sebenarnya ngga ada niatan untuk berkunjung ke Teras Cihampelas sebelumnya. Tapi memang udah ada rencana sih untuk kesini bersama teman-teman kampus. Eh kenyataannya malah berkata lain hahahaaaa… Jadi pas hari Sabtu (11/2) gue baru balik ngegowes dari arah jalan Setiabudi dan sengaja mengambil jalan pulang melalui Cihampelas. Niat awalnya sih emang cuma ingin lihat-lihat dulu aja nih Teras Cihampelas karena dalam pikiran gue pasti bakal rame banget kalau berkunjung di hari itu juga. Mengingat waktu weekend bro… pasti padat deh tuh Teras Cihampelas.

Sewaktu memasuki jalan Cihampelas sekitar pukul 10.00 kondisi jalan masih terasa sepi. Belum menemukan kemacetan yang benar-benar bikin mandeg. Ditemani awan mendung dan rintik hujan waktu itu akhirnya gue putuskan untuk berhenti di Teras Cihampelas untuk menikmatinya sebentar saja. Karena ngga ada tempat parkir untuk sepeda akhirnya gue menitipkan sepeda gue ke tukang parkir setempat. Untungnya tukang parkir tersebut mau untuk menjaga sepeda gue 😅.

Waahhh ternyata dugaan gue salah. Sewaktu berkunjung ke Teras Cihampelas keadaan masih belum terlalu ramai. Beberapa lapak pun masih banyak yang belum buka. Orang-orang yang berkunjung ke sini pun gue lihat kebanyakan menggunakan kaos dan celana training yang menandakan bahwa orang-orang tersebut juga baru selesai berolahraga dan menyempatkan waktu untuk jalan-jalan di Teras Cihampelas.

jalan-jalan ke teras cihampelas, bandung

Teras Cihampelasnya masih sepi

Teras Cihampelas sendiri merupakan jembatan yang dibuat sepanjang kurang lebih 500 meter. Fungsi dari Teras Cihampelas ini adalah untuk menampung para pedagang kaki lima yang selama ini berjualan di sekitar Jalan Cihampelas sehingga sering membuat kemacetan. Maklum daerah Jalan Cihampelas ini kan terkenal dengan beberapa toko-toko souvenirnya jadi tentu banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke jalan ini.

suasana teras cihampelas di pagi hari

berkunjung ke teras cihampelas bandung

Warna-warni Teras Cihampelas

Sekitar 5 menitan gue duduk-duduk di area Teras Cihampelas, lanjutlah gue untuk menyusuri jembatan dengan corak warna-warni yang membuat mata gue silau 😏. Untungnya waktu gue berkunjung ke Teras Cihampelas membawa kamera kesayangan. Jadi gue bisa mengabadikan momen.

bermain di teras cihampelas bandung

jalan-jalan ke teras cihampelas

Suasana Teras Cihampelas menjelang siang

Lalu apa sih yang spesial dari Teras Cihampelas ini? Disini kalian bisa membeli barang-barang souvenir khas Bandung di lapak-lapak yang berjajar dengan sangat rapi. Selain souvenir kalian juga bisa mengisi perut jika sudah mulai memutarkan lagu keroncong. Lapak-lapak yang berjajar di Teras Cihampelas ini juga terlihat unik karena dicat berwarna-warni sehingga ngga terlihat monoton dan semakin menambah keindahan Teras Cihampelas.

akses jalan menuju teras cihampelas

jalan-jalan ke skywalk cihampelas

Salah satu spot di Teras Cihampelas yang pas untuk berselfie

Lalu bagaimana dengan fasilitas yang disediakan di sepanjang Teras Cihampelas? Hmmm…untuk urusan yang satu ini gue benar-benar mengacungi jempol deh karena Teras Cihampelas ini mempunyai fasilitas yang terbilang sangat baik. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya: papan informasi, toilet umum, ruang sholat, tempat duduk, tempat sampah, dan jalan khusus untuk penyandang disabilitas. Kalian bisa melihat video gue dibawah ini.

Fasilitas yang menurut gue masih kurang adalah lahan parkir. Di sekitar Teras Cihampelas ini, gue ngga banyak menemukan area parkir terutama untuk parkir kendaraan roda empat. Memang banyak toko-toko yang mempunyai area parkir tapi jika keadaan ramai seperti waktu-waktu liburan atau weekend pasti area-area parkir di toko-toko yang berjajar di sekitar Teras Cihampelas akan penuh. Alternatifnya memang parkir di basement Ciwalk. Cuma kalau kalian parkir di basement Ciwalk, kalian harus berjalan kaki terlebih dahulu ke ujung jalan untuk bisa naik ke Teras Cihampelasnya. Ada sih yang letaknya di tengah-tengah, cuma yah rada ngga enak aja kalau naik ditengah-tengah *menurut gue.

skywalk cihampelas icon baru kota bandung

icon baru kota bandung bernama teras cihampelas

Foto candid yang berhasil gue ambil 🙂

Sejam lebih gue udah bolak balik dari ujung ke ujungnya Teras Cihampelas dan memutuskan untuk balik. Semakin siang pengunjung semakin ramai berdatangan. Kebanyakan pengunjung yang datang gue lihat sih pada berselfie ria bahkan gue lihat ada pengunjung yang niat banget bawa model untuk berfoto di lokasi ini emot. Emang lokasinya enak banget sih untuk dijadikan tempat foto-foto. Selesai foto-foto kalau laper tinggal cari lapak kuliner buat makan… Ah benar-benar nyaman banget deh Teras Cihampelas.

Yuuuhhhuuu sekian dulu cerita gue kali ini dalam rangka ngga sengaja berkunjung ke Teras Cihampelas. Buat kalian warga Bandung wajib banget sih berkunjung ke sini. Tapi yang dari luar kota juga sangat wajib sih… masukkan ke daftar list kunjungan kalian jika ingin berkunjung ke Bandung. OK!!! Sampai bertemu di cerita-cerita seru gue yang lain… See you gaes!!!

Tips Berkunjung Ke Teras Cihampelas

  • Malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Teras Cihampelas. Ini dikarenakan warna-warni lampu yang terpasang di area Teras Cihampelas akan menambah keindahan pemandangan sekitar. Tapi bila kalian ingin menikmati Teras Cihampelas dalama keadaan yang ngga terlalu ramai, gue sarankan untuk datang di pagi atau siang hari. Dari cerita abang tukang parkirnya, Teras Cihampelas mulai ramai dikunjungi sekitar pukul 16.00 sampai malam.
  • Lahan parkir masih terbatas terutama untuk kendaraan roda empat. Beberapa lahan parkir yang tersedia di toko-toko souvenir di sekitar Teras Cihampelas kebanyakan tidak mempunyai lahan parkir yang luas sehingga jika hari libur atau weekend kemungkinan akan penuh. Alternatif untuk parkir kendaraan adalah di Ciwalk.
  • Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan menjaga fasilitas publik yang tersedia di Teras Cihampelas.

Fasilitas

Toilet umum

Akses jalan penyandang disabilitas

Lapak souvenir dan kuliner

Tempat solat

Tempat duduk

Tempat sampah

Lokasi

Jl. Cihampelas, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40131

Peta Lokasi


 

 

TAG
RELATED POSTS
2 Comments
  1. Reply

    hera

    April 10, 2017

    menarik sekali tulisannnya apalagi ditambahin dengan videonya,,,serasa real bgt,,,oiya saya kebetulan mau liburan kebandung awal mei ini,,bawa anak 2,,,ini pertama kalinya kami kebandung bareng keluarga dan berencana untuk mengunjungi objek2 wisata terbaru salah satunya skywalk ini,, cuma saya mau nanya berapa jauh jarak dari ciwalk ke skywalk,,mengngat kami bawa anak2 apakah aman tuk berjalan kaki?jauhkah?kira2 berapa menit?makasih admin atas jawabannya

    • Reply

      jeje

      April 25, 2017

      Skywalk ini lokasinya di depan Ciwalk persis…hanya saja jika naik tangga dari depan Ciwalknya posisi Mba Hera akan berada di tengah2 skywalknya… jadi lebih baik dari ujung skywalk biar tidak bingung menyusuri skywalk ini.

LEAVE A COMMENT