Stories

Berperang di MDP V Netmedia

By on March 24, 2017

Akhirnya gue bisa kembali lagi update blog ini yang sudah beberapa lama di hibernasikan hihihiiii… Nah kali ini gue mau mengajak kalian semua untuk membaca cerita gue mengenai pengalaman mengikuti MDP V Netmedia.
Buat yang belum tahu apa sih itu MDP gue bakal kasih tau sedikit aja, sisanya bisa kalian googling yah hahahaaa… MDP adalah singkatan dari Media Development Program. Ini adalah sebuah program rekrutan karyawan besar-besaran yang dilakukan oleh PT Netmediatama untuk mencari anak-anak muda yang kreatif dan juga berbakat untuk bergabung bersama NET. OK gue bakal cerita selengkap-lengkapnya deh melalui tulisan gue kali ini.

Mencoba keberuntungan

Awal mula gue tahu kalau NET membuka lowongan adalah dari akun official Twitter NET. Di akun official tersebut NET mengumumkan bahwa sedang mengadakan MDP V. Gue langsung melihat tanggal terakhir lamaran untuk MDP V ini. Untungnya tanggal terakhir MDP V ini sampai dengan 17 Maret dan itu artinya masih ada sekitar 1 bulan lebih untuk gue bisa mencoba keberuntungan gue di program MDP.
Jujur emang gue ga langsung mencoba mendaftar ke situs career.netmedia.co.id untuk langsung melamar pekerjaan di NET waktu itu. Bukan karena ngga tertarik tapi memang karena ingin mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melamar terutama CV. Pengalaman gue kalau melamar pekerjaan dengan cara online pasti akan diminta untuk mengupload CV, ijazah, transkrip dsb. Nah kenapa gue konsen ke CV? Karena gue berpikiran kalau NET ini adalah suatu perusahaan televisi yang di dalamnya terdapat insan-insan muda yang kreatif dan energik. Nah dari sinilah gue berpikiran harus membuat CV yang menarik alias ngga monoton seperti CV-CV yang sudah gue buat sebelumnya untuk melakukan lamaran pekerjaan di beberapa perusahaan. Akhirnya gue mencoba membuat CV dengan beberapa inspirasi yang sudah gue dapat melalui mbah GOOGLE heuheu…
OK setelah CV jadi akhirnya gue beranikan diri untuk register ke situs career.netmedia.co.id. Melalui situs tersebut gue mencoba untuk melamar di posisi Control Room. Sebenarnya banyak posisi-posisi yang ditawarkan pada MDP V kali ini. Cuma setelah dipikir-pikir, gue lebih cocok untuk melamar di posisi Control Room. Gue juga bingung sih sebenarnya karena gue juga punya minat di bidang fotografi dan kepengen banget untuk mencoba di bidang human resource. Tapi akhirnya yah gue ngikutin kata hati aja wkwkwk. Biasanya kata hati itu udah yang paling bener huahahaaa…
Nah setelah memilih posisi yang ingin dilamar lanjutlah gue dengan mengisi biodata yang diperlukan. Dan kalian tahu setelah mengisi biodata tersebut? Gue ngga disuruh mengupload file-file seperti CV, ijasah, transkrip nilai ataupun berkas-berkas yang lainnya yang biasanya dibutuhkan saat melamar kerjaan. Sumpah gue tercengang banget hahahaaa… Sampai-sampai gue pikir situs career netmedia waktu itu error. Karena pengalaman gue kalau melamar melalui online pasti akan disuruh untuk mengupload berkas-berkas penting. Eh ini kok Netmedia sama sekali ngga nyuruh upload apa-apa emot.
Setelah proses selesai yah dilanjutnya proses menunggu sampai tanggal 17 Maret 2017. Berharap banget gue bisa lolos tahap awal untuk bisa mengikuti tes psikotes. Alhamdulillah gue mendapat e-mail panggilan dari NET di tanggal 18 Maret 2017 kalau gue menjadi peserta yang berhak mengikuti tes psikotes yang akan diselenggarakan di Sentul International Conference Center (SICC). Huuaaaa….gue waktu itu langsung senyum-senyum sendiri di depan komputer sambil salto kesana kemari karena kegirangan gaes emot.

cerita keseruan mengikuti MDP V netmedia

Email undangan mengikuti psikotes MDP V

Setelah mendapat undangan untuk mengikuti psikotes di tanggal 22 Maret 2017, gue langsung mencari informasi seputar psikotes yang biasa NET adakan. Rata-rata dari blog yang gue baca NET akan selalu mengadakan psikotes berupa tes PAULI, DISC, dan mencocokkan gambar.
Nah di MDP V ini gue kebagian batch 1 yang tesnya dimulai pukul 09.00. Untungnya gue punya saudara di Bogor jadilah gue menginap di tempat saudara. Akhirnya hari H tiba. Gue sudah tiba di SICC sekitar pukul 08.00 dan langsung mengantri untuk masuk ke ruangan. Benar-benar deg-degan banget waktu itu. Gue melihat ribuan orang berkumpul di SICC ini untuk mengikuti psikotes MDP V ini.

seleksi mdp v di sicc

Ada 30.000+ peserta untuk mengikuti seleksi MDP V

Psikotes yang awalnya akan dilaksanakn pukul 09.00 akhirnya harus molor sekitar 2 jam kurang. Walaupun molor tapi tetap asyik aja kok menurut gue pribadi karena ada sesi sharing oleh karyawan-karyawan NET plus juga mendapat semangat dari para petinggi NET salah satunya adalah CEO NET Bapak Wishnutama.
Di MDP V ini psikotes masih tetap sama seperti MDP sebelumnya. Cuma di psikotes tahap awal hanya mengerjakan soal PAULI dan DISC. Lebih jelasnya mengenai PAULI kalian bisa browsing yah di GOOGLE. Tujuan tes PAULI sendiri adalah untuk mengetahui seberapa kuat mental dan fisik kita terhadap tekanan. Sedangkan DISC adalah tes kepribadian apakah kepribadian kalian cocok untuk posisi yang kalian lamar.

keseruan mdp v di sicc

Ngantri mau masuk ruangan

Sekitar 1 jam lebih psikotes dilaksanakan otak gue udah ngebul karena soal PAULI yang isinya berupa ratusan angka. Bahkan gue lihat orang disekitar gue aja wajahnya jadi penuh dengan angka-angka semua emot. Di akhir sesi tes kita semua diberikan pemberitahuan bahwa yang lolos seleksi psikotes tahap 1 ini akan diumumkan pada tanggal 23 Maret 2017 untuk di keesokan harinya tanggal 24 Maret 2017 mengikuti tes seleksi tahap kedua.

Tapi sayang, gue ngga lolos tes psikotes jadi gue ngga dapet panggilan untuk mengikuti tes tahap berikutnya. Sebenarnya cukup sedih sih karena gue sudah optimis banget untuk bisa lolos seleksi dan memang besar banget harapan gue untuk bisa menjadi bagian NET Televisi Masa Kini. Gue benar-benar jadi rajin banget untuk sholat tahajud biar diberikan kelancaran dan bisa lolos seleksi psikotes. Tapi yah mau dikata apa lagi? Allah sudah memberikan jalan yang terbaik buat gue. Setidaknya gue sudah berusaha dan mencoba kemampuan gue.

Kenapa tertarik melamar di NET

Mungkin ada dari kalian yang ingin tahu kenapa sih kok gue tertarik untuk melamar di NET? Gue akan jawab deh. Jadi menurut gue NET ini adalah stasiun televisi swasta yang beda banget dengan stasiun-stasiun televisi lainnya. Walaupun usianya masih muda (tahun 2017 ini NET berusia 4 tahun) tapi televisi ini sudah bisa merebut perhatian publik terutama anak-anak muda. Gue kepengen banget bisa menjadi bagian keluarga NET.

Awalnya emang sempat ragu sih untuk mencoba melamar di NET ini karena gue dapat informasi kalau bekerja di pertelevisian itu gajinya kecil. Tapi ngga tahu kenapa gue ngga memikirkan hal tersebut. Sumpah… gue ngga terlalu memikirkan banget masalah gaji. Gue hanya berpikir untuk bisa masuk menjadi bagian orang-orang kece yang bisa bekerja di NET dan membuat karya sebaik-baiknya bersama orang-orang professional di NET.
Dan memang benar gue ngga salah untuk melamar di NET. Sewaktu CEO Net, Bapak Wishnutama memberikan sambutan ke para peserta tes tahap 1 MDP V dijelaskan bahwa Netmedia merupakan perusahaan yang bisa masuk ke 10 besar perusahaan paling diminati oleh para fresh graduated. Dan kalian tahu apa yang bikin gue melongo? NET ini satu-satunya perusahaan di bidang pertelevisian sedangkan lawan-lawannya merupakan perusahaan-perusahaan BUMN yang kebanyakan bergerak dibidang komoditi alam. Ini benar-benar keren banget sih. Perusahaan yang masih berusia sangat muda bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang istilahnya sudah senior.

Mengenai MDP V

Ini hal-hal yang bisa kalian ketahui mengenai MDP V
1. Pelamar yang mencoba mendaftar di situs career.netmedia.co.id berjumlah 50.000+ orang lebih. Namun yang terseleksi untuk mengikuti tes psikotes tahap 1 berjumlah 30.000+ orang saja.
2. Tes psikotes tahap 1 hanya mengujikan soal PAULI dan DISC.
3. MDP V ini dibagi menjadi 2 batch (ada juga yang bilang sampai 3 batch sih, gue ga tahu benar atau ngga ya)
4. Hasil tes psikotes diumumkan pada tanggal 23 Maret 2017.
5. Peserta benar-benar sangat antusias dalam mengikuti MDP V karena terbukti banyak peserta yang datang dari luar pulau Jawa bela-belain untuk mengikuti tes psikotes.
Sepertinya itu saja yang bisa gue bagikan ke kalian semua mengenai MDP V NET ini. Jujur gue senang bisa mengikuti seleksi tahap 1 MDP V. Dari 50.000+ lebih yang mencoba melamar berarti gue sudah termasuk orang yang beruntung untuk menyicipi tes tahap pertama MDP V. Walaupun akhirnya gue ngga lolos untuk seleksi tahap kedua gue tetap bangga kok *walaupun sebenarnya cukup sedih. Jika kalian ingin bertanya-tanya mengenai MDP kalian bisa diskusi melalui kolom komentar dibawah. Kalau bisa gue jawab bakal langsung gue jawab gaes. Sampai ketemu di tulisan gue berikutnya mengenai sisi lain MDP V. See you gaesss!!!!

TAG
RELATED POSTS
6 Comments
  1. Reply

    radjateddy

    May 9, 2017

    haloo mas je.. sayang kita beda batch ya. hehehe. btw sama nih, aku juga *bisa dibilang sedih banget* nggak lolos dari tahap 1. padahal niat awal udah kuat yang penting coba dulu, begitu udah test, denger pengarahan CEO nya asli langsung mupeng dan ngarep ! ternyata takdir berkata lain ya. Salam dari Medan, batch 2.

    • Reply

      jeje

      May 10, 2017

      Wah dari Medan…di batch 1 juga ada anak dari Medan dan sampai saat ini kita masih berkomunikasi.
      Tapi seengganya beruntung udah merasakan suasana MDP V. Semoga saja di MDP berikutnya bisa ikut lagi hehehe

  2. Reply

    nasprat

    May 15, 2017

    wah hebat udah masuk di tahap test, rasanya gimana yak? hehheh aku baca tulisan kamu di atas, dan sangat senang bacanya 🙂 aku pengen banget masuk net juga masalahnya heheh jadi banyak search di mba google, liat blog2 teman teman bahas tentang MDP, ngomong2 buka pendaftaran net tv kapan lagi yak? aku nasprat dari makassar

    • Reply

      jeje

      May 22, 2017

      Kalau gitu kamu harus coba untuk nyobain MDP tahun depan. Sepertinya MDP ini menjadi agenda tahunan NET deh. Kalau masalah kapannya tentu ngga tahu pasti yah…maklum kan saya ngga lolos untuk jadi karyawan NETnya heheheee. BTW makasih udah mampir dan berkenan untuk membaca

  3. Reply

    David

    June 7, 2017

    susah ga ka Psikotestnya? denger denger habis mdp ada Wamil yah?

    • Reply

      jeje

      June 9, 2017

      Psikotes di MDP V jadi tes hari pertama gan, psikotesnya sendiri cuma dua yaitu menyelesaikan soal Pauli dan mengisi kertas yang sudah terdapat pilihan sesuai dengan pribadi kita

LEAVE A COMMENT