Stories

Pengalaman Seru Mengikuti 24HourProject

By on April 5, 2017

Yeeeaaayyyy akhirnya gue bisa balik lagi ke blog tercinta ini untuk mengupdate kegiatan seru yang gue lakukan hihihiii… Halo semua pembaca setia blog gue, apa kabar nih?? Semoga baik-baik aja yah dan kalaupun ada yang sakit semoga cepat diangkat sakitnya biar cepat sembuh 😇.

Yooo… dalam tulisan kali ini gue akan berbagi cerita mengenai pengalaman seru yang gue dapat ketika mengikuti event 24HourProject. Wait…wait… 24HourProject? Apa itu brrooo??? 24HourProject adalah aksi kemanusiaan yang melibatkan fotografer seluruh dunia. Para fotografer ini secara sukarela mengambil foto jalanan (street photography) tentang kondisi kotanya masing-masing. Hasil dari foto tersebut kemudian di upload ke media sosial (Instagram) per jamnya dari pukul 00.00 – 23.59. Untuk tahun 2017 ini 24HourProject dilaksanakan pada tanggal 1 April.

Nah sudah tahu dong apa itu 24HourProject. Sekarang giliran gue yang akan menceritakan keseruan-keseruan yang gue dapat selama mengikuti event ini. Yuk gaes dibaca sampe tuntas…tas…tas yakhh… jangan lupa siapkan cemilan dan secangkir kopi 😉.

Pengalaman pertama mengikuti event photography Internasional

24HourProject menjadi event internasional pertama yang gue ikuti tahun ini. Sebenarnya 24HourProject ini sudah ada dari tahun-tahun sebelumnya hanya saja gue baru nemu info 24HourProject di tahun ini hihihiii…

Gue sendiri mengabadikan kota Bandung dalam event ini. Yah karena emang gue lagi berlokasi di Bandung juga sih gaes heuheuheu…. Di Bandung sendiri event ini diikuti oleh sekitar 34 peserta. 34 peserta ini yang tergabung di grup LINE sih, jadi kemungkinan masih ada fotografer lain yang mengikuti event ini namun ngga bergabung di grup LINE.

Tahun 2017 ini ambassador 24HourProject adalah teh Sari dan kang Tomi. Merekalah yang berinisiatif untuk membuat grup LINE tersebut sehingga terkumpullah sebanyak 34 orang yang siap untuk mengabadikan foto-foto jalanan untuk memeriahkan event 24HourProject. Di tahun sebelumnya teh Sari dan Kang Tomi juga sudah mengikuti event ini. Kata mereka di tahun sebelumnya yang ikut cuma sedikit dibawah lima orang tapi tahun ini antusias para photographer (terutama di Bandung) sangat tinggi. Ini terbukti dengan cukup banyaknya photographer Bandung yang mengikuti event ini.

24hourproject area bandung

Partisipan dari Bandung banyak kaaannn???

Di Bandung sendiri yang tergabung dalam grup LINE berkumpul di CK Landmark Braga pada hari Jumat (31/3). Sebenarnya berkumpul ini bukan suatu keharusan juga, tapi gue tetap ikut berkumpul dikarenakan gue akan mulai memotret pukul 00.00 (1/4). Iya gue ingin mencoba mengikuti event ini secara penuh gaes. Awalnya gue berpikir akan mulai mengabadikan momen-momen jalanan Bandung saat setelah sholat shubuh. Tapi karena grup LINE mengajak untuk memulai memotret pukul 00.00 yah gue berubah pikiran dong…karena dalam pikiran gue pasti akan lebih seru kalau dilakukan bersama banyak orang dan tentu akan lebih aman pastinya.

Lokasi untuk hunting foto pada 1 April 2017 waktu dinihari lebih terpusatkan di sekitaran jalan Braga dan jalan Asia Afrika. Lokasi tersebut dipilih karena adanya kehidupan malam terutama di jalan Braga. Sehingga akan sangat seru dan menyenangkan saat hunting foto.

serunya mengikuti 24hourproject

Foto pertama tanggal 1-4-2017

Gue dan beberapa teman-teman photographer lain mulai memisahkan diri alias jalan sendiri-sendiri karena sudah membidik subjek masing-masing. Tapi masih tetap berkeliaran di sekitaran jalan Braga dan jalan Asia Afrika.

Sumpah ini baru pertama kali gue mengabadikan kegiatan orang-orang Bandung di waktu malam hari. Akhirnya yang selama ini hanya angan-angan saja bisa terwujud karena event 24HourProject ini. Benar-benar seru banget gaes. Gue bisa melihat kehidupan malam di Bandung terutama di jalan Braga. Ngga hanya melihat saja, tapi gue juga bisa mengabadikannya gaes… Huaaaa…. Gue bener-bener senang bukan main!!!

keseruan yang didapat saat mengikuti 24hourproject

Akhirnya bisa mengabadikan momen sekitar jalan Braga saat dinihari

Selepas sholat shubuh beberapa anggota yang mengikuti event ini sudah tampak mengantuk. Beberapa ada yang beristirahat di pelataran Masjid Agung Bandung. Gue pun juga beristirahat sejenak untuk mengembalikan tenaga tapi emang dasarnya gue kalong…mata udah gue ajak rundingan buat merem…ngga bisa juga hahahaaa… Sekitar pukul 08.00 gue pamit ke anggota lain untuk balik duluan karena sudah ada janji dengan teman. Ehh… walaupun gue balik duluan gue tetap hunting foto lho di sekitar daerah kosan gue di Cikutra.

Kesan mengikuti 24HourProject

Seru dan menyenangkan… itu kesan yang bisa gue gambarkan selama mengikuti event ini. Gue benar-benar bisa memotret Bandung waktu dinihari. Ini merupakan pengalaman yang berharga banget. Gue harus melawan kantuk, angin malam yang jahat yang kapan aja bisa menyerang masuk lalu terjadilah masuk angin hahahaaaa… harus gerak kesana kemari untuk menemukan subjek-subjek yang ingin diabadikan, bahkan gue menuntut diri gue untuk mengatur jam-jam tertentu agar gue bisa berada di lokasi tertentu untuk mendapatkan sebuah momen.

kesan-kesan selama mengikuti event 24hourproject

Pedagang keliling yang mencoba tidur

Melalui event ini juga gue bertemu dengan orang-orang baru. Orang-orang yang sudah ahli di bidangnya (street photography) sehingga gue bisa mencuri banyak ilmu dari para master-master yang memang sudah handal di bidangnya. Bahkan saat hunting terpisah pun gue menemukan fotografer yang juga sedang mengikuti event ini. Huaaa…benar-benar deh event ini membawa keseruan yang lllluuuuaaarrrrr biaaaassssaaaaa bangetttt!!!!

Kenapa mau ikut event 24HourProject

Ada yang bertanya ke gue gini

Je kenapa lo ikut event ini? Kan ngga dibayar?

Memang benar, gue mengikuti event 24HourProject ini ngga dibayar sama sekali alias sukarela. Sejak pertama kali mendaftarkan diri sebagai peserta untuk mengikuti 24HourProject pun gue sudah paham gue ngga akan dibayar.

keseruan yang di dapat saat 24hourproject

Dekat landmark Braga

Sebenarnya ini kembali ke pribadi masing-masing yah. Gue pribadi adalah orang yang suka banget dengan street photography dan event seperti 24HourProject ini adalah event street photography terbesar di dunia. Gue merasa tertantang aja untuk mengikuti event ini karena pada event ini gue diharuskan untuk mengabadikan momen-momen di sekitar gue untuk kemudian di upload ke Instagram secara real time per satu jam selama satu hari penuh. Kebayang dong gimana rasa capenya, gimana harus konsentrasinya kita menahan kantuk untuk mencari-cari subjek agar mendapatkan hasil foto yang baik? Nah semuanya sudah gue rasakan selama mengikuti 24HourProject ini.

event 24hourproject yang seru

Ada yang saling bermesraan juga lho 😁

Selain itu 24HourProject ini kan juga membawa misi kemanusiaan. Pada tahun 2017 ini 24HourProject menyatakan dukungan kepada pengungsi internasional yang dirawat oleh Lesvos Solidarity. Lesvos Solidarity merupakan lokasi penampungan pengungsi di Mytilini, Lesvos, Yunani. Lesvos Solidarity ini merupakan tempat untuk merawat pengungsi rentan seperti anak-anak, perempuan, disabilitas dan sebagainya. Jadi sangat menyenangkan buat gue pribadi mengikuti event ini karena benar-benar ngga ada beban sama sekali karena memang sudah hobi sekaligus mengikuti gerakan kemanusiaan 😉.

Sepertinya sampai disini dulu cerita gue dalam mengikuti 24HourProject. Di lain tulisan gue bakal cerita kesulitan yang gue hadapi selama mengikuti 24HourProject ini. Buat yang ingin tahu banget nih…kalian harus tetap pantengin blog gue ini yah. Sampai ketemu di tulisan gue lainnya… See you gaes!!!

TAG
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT